Find Us On Social Media :

Baru Sekarang Mencak-Mencak, Ternyata China Sudah Tahu Militer Amerika Dikirim Ke Taiwan Sejak 40 Tahun Lalu, Tetapi Memilih Bungkam Gara-Gara Hal Ini

By Afif Khoirul M, Rabu, 3 November 2021 | 15:00 WIB

Ilustrasi - Militer China melakukan pendaratan di Taiwan.

Intisari-online.com - China memang cukup vokal dalam menekan Amerika karena dianggap terlalu ikut campur urusan rumah tangga China dengan Taiwan.

Padahal menurut sebuah sumber militer Beijing, China sudah tahu bahwa AS menempatkan militernya ke Taiwan sejak lama, namun memilih untuk mengabaikannya.

"Pada tahun 1979, hubungan diplomatik resmi antara Amerika Serikat dan Taiwan berakhir," kata sumber militer yang tidak disebutkan namanya dari Beijing kepada SCMP.

"Namun, setahun kemudian, AS diam-diam mengirim beberapa prajurit kembali ke Taiwan sebagai petugas penghubung," katanya.

Baca Juga: Saat Seluruh Dunia Pasrah Ingin Hidup dengan Covid-19, Pantesan China Malah Mati-Matian Ingin Lenyapkan Covid-19 dari Muka Bumi, Memang Bagaimana Caranya?

"China tahu bahwa AS mengirim sekitar 10 personel militer ke Taiwan. Kelompok ini bertindak sebagai tim penghubung yang bertugas menghubungkan hubungan militer AS-Taiwan," jelasnya.

"Mereka juga berfungsi sebagai penasihat dan melatih pasukan pertahanan Taiwan," imbuhnya.

"China mengetahui hal ini tetapi tidak dapat melakukan intervensi karena baru saja menjalin hubungan diplomatik dengan AS. Ini dilihat sebagai "pemahaman diam-diam" antara Beijing dan Washington," ungkap sumber tersebut.

Pada tahun 1979, Amerika Serikat mengalihkan hubungan luar negeri resmi dari Taiwan ke Beijing.

Baca Juga: Panik dan Frustasi Kembali Menghantui China, Ambisi 'Nol Covid' Dinilai Terlalu Berlebihan dan Menyusahkan Masyarakat, 'Masyarakat Sudah Menderita'