Find Us On Social Media :

Kepo Kok Bisa Kapal Selam AS Menyusup Wilayah China Tanpa Ketahuan Sampai Alami Kecelakaan, China Langsung Buka Citra Satelit Ungkap Penyebabnya Ini

By Afif Khoirul M, Senin, 1 November 2021 | 06:50 WIB

Kapal selam USS San Francisco rusak parah setelah menabrak gunung

Intisari-online.com - Kapal selam nuklir USS Connecticut milik Angkatan Laut Amerika beberapa minggu lalu alami kecelakaan di Laut Timur.

China pun keheranan, karena tidak tahu ada kapal selam musuh bisa menyusup tanpa ketahuan di wilayah dekat dengan negaranya.

Alhasil, para ahli China pun mencari tahu alasan kapal selam tersebut bisa senyap menyelam, bahkan tanpa ketahuan meski alami kecelakaan.

Berdasarkan gambar satelit yang dirilis oleh Planet Labs pada 20 Oktober.

Baca Juga: Kaget Melihat Indonesia Pasrah China Masuki Perairan Indonesia, Pakar Ini Cecar Habis-habisan Sikap 'Tidak Adil' Indonesia Terhadap Australia Dibandingkan Terhadap China

Para ahli China percaya bahwa kapal selam nuklir AS mungkin secara langsung menabrak sebuah objek di dasar laut, menurut SCMP.

Angkatan Laut PLA mungkin telah mengetahui pergerakan USS Connecticut saat muncul dan bergerak perlahan ke pangkalannya di Guam.

Akan tetapi kerusakan pastinya tidak diketahui.

Citra satelit yang diambil saat kapal kembali berlabuh di Guam, menunjukkan sistem sonar di haluan telah dibongkar, mungkin perlu diganti.

Baca Juga: Untuk Pulihkan Kapal Selam Soviet yang Tenggelam pada Masa Perang Dingin, CIA Sampai Harus Turun Tangan dengan Buat Cakar Raksasa Seperti Ini, Ada Misi Apa di Baliknya?