Find Us On Social Media :

Sering Jadi Pertanyaan Berapa Lama Peradaban Mesir Kuno Berdiri, dan Ada Berapa Banyak Firaun Berkuasa di Era Mesir Kuno? Ternyata Begini 'Garis Waktu' Mesir Kuno (I)

By May N, Sabtu, 30 Oktober 2021 | 10:26 WIB

(Ilustrasi) Firaun Mesir Kuno, sudah sejak kapan Mesir Kuno berdiri dan kapan peradaban ini runtuh?

Intisari - Online.com - Sudah banyak dibahas di Intisari Online mengenai kisah-kisah unik seputar peradaban Mesir Kuno, mulai dari para Firaun dan permaisurinya.

Namun apakah Anda sudah mengetahui dengan pasti berapa lama zaman Mesir Kuno bertahan?

Sebagai salah satu peradaban paling hebat di dunia, Mesir Kuno bertahan beribu-ribu tahun lamanya.

Beginilah rentang garis waktu peradaban tersebut, dikutip dari History.

Baca Juga: Dari Teks Piramida Ini Diketahui Bagaimana Panduan Orang Mesir Kuno Menuju ke Akhirat, Termasuk Kelangsungan Hidup dan Kekuasaan Raja di Dunia Lain Itu

Selama hampir 30 abad, dari penggabungannya sekitar 3100 Sebelum Masehi (SM) sampai ditaklukan oleh Alexander Agung pada 332 SM, Mesir Kuno adalah peradaban besar di dunia Mediterania.

Dari piramida besar Kerajaan Lama sampai pembangunan militer Kerajaan Baru, Mesir Kuno sampai mendapat ilmu pengetahuannya sendiri: Egyptology.

Sumber utama informasi mengenai Mesir Kuno adalah berbagai monumen, obyek dan artefak yang telah ditemukan dari situs arkeologi, dengan hieroglif yang baru saja diterjemahkan.

Gambaran yang muncul adalah budaya yang baru sedikit menyamai keindahan seni, pencapaian arsitektur ataupun kekayaan tradisi agamanya.

Baca Juga: Selembar Linen Persegi Panjang Sederhana Cukup Dililitkan di Tubuh, Beginilah Evolusi Mode Pakaian pada Masa Mesir Kuno, Satu yang Tak Pernah Lupa Digunakan, Wig!