Find Us On Social Media :

Pertempuran Paling Menentukan Bagi Firaun Terakhir Mesir, Inikah Alasan Cleopatra Kalah Meskipun Bawa Ratusan Armada Laut?

By Khaerunisa, Jumat, 29 Oktober 2021 | 20:25 WIB

Sisa-sisa monumen kemenangan Octavianus atas Mark Antony dan Cleopatra dalam pertempuran Actium.

Intisari-Online.com - Pertempuran Actium adalah pertempuran laut paling menentukan dalam Perang saudara Romawi, juga bagi Firaun Terakhir Mesir Cleopatra.

Berhadapan dalam pertempuran ini adalah pihak Octavianus dan pihak Mark Antony yang bersekutu dengan ratu Cleopatra VII dari dinasti Ptolemaik di Mesir.

Pertempuran laut ini dimenangkan Octavianus, membawa kekalahan bagi Cleopatra dan kekasih Romanya.

Kemudian setelah pertempuran ini pula, pasangan fenomenal Cleopatra dan Antony, menemui akhir hidup mereka secara tragis.

Baca Juga: Bak Hidup dari Kematian, Inilah Momen Puluhan Mumi Mesir Kuno Berjalan-jalan di Mesir, Firaun Tampak Diarak Menggunakan Kendaraannya

Kisah cinta nan kontroversial Cleopatra dan Mark Antony menjadi perbincangan sepanjang sejarah.

Tetapi, apa yang menyebabkan kekalahan mereka dalam pertempuran laut tersebut, sementara mereka mambawa ratusan armada laut, sekitar 500 armada Antony didukung 60 kapal perang Mesir Cleopatra.

Bahkan, pertempuran itu berakhir sangat singkat, hampir tidak berlangsung lebih dari sehari.

Melansir independent.co.uk (28/3/2019), Para arkeolog dan sejarawan memberikan pencerahan baru yang luar biasa tentang salah satu peristiwa terpenting dalam sejarah manusia, pertempuran mengerikan yang melahirkan Kekaisaran Romawi.