Find Us On Social Media :

Gunakan Jasad Abadi Mumi Firaun, Ilmuan Bongkar Wajah Asli Sang Penguasa Mesir Kuno Itu, Ternyata Begini Penampakan Wajahnya Semasa Masih Hidup

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 27 Oktober 2021 | 15:50 WIB

Ilmuan Bongkar Wajah Asli Firaun Akhenaten

Intisari-Online.comAkhenaten adalah seorang Firaun yang dikenal karena mencoba meninggalkan kepercayaan bangsa Mesir Kuno yang percaya kepada beberapa dewa.

Ia mencoba meyakinkan rakyat agar percaya kepadanya dan memuja dewa tunggal bernama Aten.

Jasad abadi alias mumi yang dinamai KV 55 oleh peneliti yang ditemukan pada tahun 1907 di Lembah Para Raja, Mesir, tidak jauh dari makam Tutankhamun, telah direkonstruksi.

Melansir Live Science, diyakini bahwa jasad ini merupakan sisa-sisa Firaun Akhenaten, ayah biologis Raja Tutankhamun.

Baca Juga: Jadi Peninggalan Firaun pada Masa Mesir Kuno yang Paling Menarik, Inilah 9 Landmark Bersejarah Paling Terkenal di Mesir, Salah Satunya Tempat Nabi Musa Menerima Sepuluh Perintah

Wajahnya direkonstruksi oleh Pusat Antropologi Forensik, Paleontologi (FAPAB) di Sisilia.

Gambar tersebut menunjukkan seorang pria berusia 20-an dengan rahang panjang, mata yang dalam, dan batang hidung yang tinggi.

Berkat teknologi modern, analisis DNA dilakukan sekitar satu abad setelah KV 55 ditemukan, menunjukkan bahwa itu adalah ayah biologis Raja Tutankhamun.

Proses rekonstruksi wajah membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk diselesaikan, tetapi tidak seperti gambar KV 55 sebelumnya, tim tidak membuat ulang rambut, perhiasan, atau lainnya dan hanya fokus pada fitur, titik di wajah.

Baca Juga: Kisah Ratu Kiya, Istri Kedua Firaun Akhenaten, Ratu Misterius dari Amarna, Menghilang dari Catatan Sejarah Sebelum Kematian Suaminya, Benarkah Dia Ibu dari Tutankhamun?