Find Us On Social Media :

Baru Bisa Terkuak Lewat Rekonstruksi Digital, Sistem Keamanan Makam Firaun Khufu Ternyata Sangat Mutakhir, Penuh Jebakan dan Tipuan

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 20 Oktober 2021 | 09:35 WIB

Firaun Khufu dan Piramida Besar yang jadi tempat pemakamannya.

Intisari-Online.com – Keagungan pemerintahan Firaun pada masa Mesir Kuno bisa dilihat dari makam yang menjadi tempat pembaringannya terakhir.

Pembalseman sering dilakukan pada para Firaun tersebut, hingga ratusan bahkan ribuan tahun kemudian menjadi bahan pembelajaran para arkeolog.

Tidak hanya jenazah para Firaun yang dimakamkan dalam sebuah piramida yang menjadi pemakamannya, tapi biasanya mereka menyertakan barang-barang yang menjadi kekhasannya.

Lalu, bagaimana agar artefak yang berada di dalam piramida tersebut tidak dicuri, mereka pun rupanya sudah memikirkan hal tersebut.

Baca Juga: Rata-rata Tinggi Badan Kalangan Firaun Berbeda dengan Rakyat Biasa, 'Praktik Terlarang' oleh Kalangan Elit Mesir Kuno Ini Disebut Jadi Biang Keladinya

Sebuah alat ‘mesin primitif’ kuno Mesir rupanya digunakan untuk menghindari pencurian artefak pada piramida besar.

Rekonstruksi ulang digital dilakukan oleh seorang ahli Mesir pada alat tersebut.

Sejak awal abad 19 rupanya telah dipelajari sistem keamanan.

Dengan menggunakan model komputer, para peneliti untuk pertama kalinya mendemonstrasikan bagaimana sistem keamanan tersebut bekerja.

Baca Juga: Alami Luka Kepala yang Parah, Misteri Penyebab Kematian Firaun Mesir ke-14 Ini Cukup Brutal, Mungkinkah Dialami Saat Perebutan Kekuasaan dan Berhasilkah?