Find Us On Social Media :

Para Tokoh di Balik Peristiwa Sumpah Pemuda 1928, Sosok Tionghoa hingga Seseorang yang Nantinya Mendirikan NII pada 1949

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 19 Oktober 2021 | 07:45 WIB

Sumpah Pemuda

Intisari-Online.com -  Tahukah Anda siapa saja tokoh Sumpah Pemuda?

Peringatan Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober, merupakan perayaan untuk mengingat salah satu peristiwa penting di dalam sejarah Indonesia.

Ikrar itu diucapkan dalam Kongres Pemuda II yang dilangsungkan di Jakarta yang kala itu masih bernama Batavia.

Kongres yang dilangsungkan pada 27-28 Oktober 1928 itu digagas oleh Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia, sebuah organisasi pemuda yang beranggotakan pelajar dari seluruh Indonesia. 

Dilansir dari laman Kemdikbud.go.id, Kongres Pemuda II yang pelaksanaannya diketuai oleh Soegondo Djojopuspito dari PPPI, dilaksanakan di tiga gedung berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat untuk menghasilkan Sumpah Pemuda.

Baca Juga: Bunyi Sumpah Pemuda 1928 yang Asli Timbulkan Perdebatan karena Menggunakan Bahasa Melayu, Bagian Inilah yang Kemudian Diubah

Rapat pertama digelar pada 27 Oktober di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Lapangan Banteng. Moehammad Jamin, yang berasal dari Jong Sumatranen Bond, menguraikan tentang arti dan hubungan persatuan dengan pemuda.

Menurut Jamin, ada lima faktor yang dapat memperkokoh persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan dan kemauan. Rapat kedua dilaksanakan pada 28 Oktober di Gedung Oost-Java Bioscoop, membahas masalah pendidikan.

Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro, tokoh pejuang pendidikan, sependapat bahwa anak harus mendapatkan pendidikan kebangsaan.

Di samping itu, harus ada pula keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah.

Baca Juga: Tokoh Sumpah Pemuda: Mohammad Yamin yyang Keranjingan Buku Mampu Merumuskan Sumpah Pemuda Berkat Istri yang Suka 'Meronda'