Find Us On Social Media :

Rela Dijadikan Umpan di Garis Depan Pertempuran, Inilah Kisah Tentara Bayaran Pemburu 'Uang Berdarah' di Zaman Firaun

By Ade S, Kamis, 14 Oktober 2021 | 17:27 WIB

Pasukan bayaran di jaman Firaun

Intisari-Online.com - Kisah tentang tentara bayaran memang selalu menarik untuk disimak. Namun, tahukah Anda sejak kapan mereka muncul di muka Bumi?

Jika merujuk pada sejarah, sebenarnya tidak ada catatan khusus mengenai "tentara bayaran".

Hanya saja, ada sosok atau sekelompok pasukan yang ikut berperang meski sebenarnya tidak memiliki kepentingan khusus terkait pihak yang mereka bela atau pun pihak yang mereka lawan.

Satu-satunya kepentingan mereka dalam pertempuran tersebut adalah "blood money" alias "uang berdarah".

Baca Juga: Demi Emas, Orang-orang Ini Hancurkan Kerajaan Kush yang Berusia 2.000 tahun di Sudan Dekat 'Tanah Firaun,' Namun Hal Lebih Ironis Ini Terjadi

Ya, mereka bertempur atau memburu orang tertentu bukan atas nama ideologi, nasionalisme, atau pertimbangan politik lainnya.

Selama ada yang rela membayar mereka sesuai dengan jumlah yang mereka inginkan, mereka akan siap bertempur.

Nah, jika merujuk pada prinsip "asal ada uang" tersebut, maka konsep tentara bayaran disebut sudah ada di Mesir sekitara 1200-an SM.

Dalam naskah kuno, para tentara bayaran ini menjadi salah satu senjata utama Raja Firaun Ramses II untuk menghantam musuh-musuhnya.

Baca Juga: Inilah 10 Firaun Wanita Terkenal dari Zaman Mesir Kuno, Mulai dari yang Licik Gunakan Kecantikannya Hingga yang Berkuasa Sampai 20 Tahun