Find Us On Social Media :

Jangan Sampai Kelewat, Ada Fenomena Hujan Meteor Draconid Mulai Malam Ini hingga 3 Hari ke Depan!

By Tatik Ariyani, Jumat, 8 Oktober 2021 | 18:44 WIB

Ilustrasi meteor

Intisari-Online.com - Anda perlu bersiap-siap untuk menyaksikan fenomena langit hujan meteor Draconid.

Hujan meteor ini, dinamai berdasarkan titik radian atau titik asal munculnya hujan meteor yang terletak di konstelasi Draco.

Hujan meteor Draconid berasal dari sisa debu komet 21P/Giacobini-Zinner yang mengorbit Matahari setiap 6,6 tahun sekali.

Sehingga, hujan meteor ini dikenal juga dengan nama Giancobinid.

Baca Juga: Senjata Luar Biasa Orang dari Suku Inuit, Terbuat dari Gading Narwhal dan Batu Meteor yang Ditempa Tanpa Api, Lalu Bagaimana Menempanya?

Peneliti di Pusat Riset Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) BRIN, Andi Pangerang mengatakan, hujan meteor yang satu ini pernah menjadi hujan meteor spektakuler sepanjang sejarah.

Kepada Kompas.com, Kamis (30/9/2021), Andi mengatakan, "Meskipun hujan meteor ini sempat menjadi hujan meteor spektakuler sepanjang sejarah, sebagian besar pengamat langit menganggapnya sebagai salah satu hujan meteor yang kurang begitu menarik disaksikan."

Hujan meteor Draconid adalah hujan meteor yang terkenal dengan variasi intensitasnya dan di masa silam pernah memproduksi beberapa badai meteor, bahkan mendekati 1.000 meteor per jam.

Baca Juga: Malam Ini Ada Puncak Hujan Meteor, Jangan Sampai Anda Melewatkannya, Catat Waktu untuk Menontonnya