Find Us On Social Media :

Muhammad ibn Zakariya al-Razi: Si Jenius dalam Sejarah Kedokteran, Menggantung Daging Segar di Berbagai Lokasi untuk Menentukan Hal Ini

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 3 Oktober 2021 | 19:31 WIB

Muhammad ibn Zakariya al-Razi: Jenius Medis Islam

Intisari-Online.com - Abu Bakar Muhammad Ibn Zakariya Al Razi adalah salah satu orang yang paling terkenal dalam sejarah kedokteran.

Dia adalah seorang alkemis, filsuf, dan dokter Persia yang terkenal, dan secara khusus dikenang atas semua kontribusinya terhadap kemajuan kedokteran.

Setelah menjadi dokter yang sukses, ia bertugas di rumah sakit Ray dan Baghdad.

Gagasan dan karya medis Muhammad ibn Zakariya al-Razi diteruskan, dan diadopsi oleh praktisi Eropa abad pertengahan, dan secara signifikan mempengaruhi perkembangan kedokteran di Barat.

Baca Juga: Inilah Kisah Loreta Janeta Velazques, Rela Menyamar Jadi Seorang Pria untuk Berperang Bersama Suaminya dalam Perang Saudara, Terbongkarkah Penyamarannya?

Muhammad bin Zakariya al-Razi diyakini lahir antara tahun 864 hingga 865 M, meskipun tanggal pastinya tidak diketahui.

Ia dilahirkan dalam keluarga Muslim Persia di Kota Ray, yang terletak di Great Silk Road.

Ketika dia masih muda, dia pindah ke Baghdad untuk belajar dan berlatih di “bimaristan” (rumah sakit) lokal.

Di Baghdad, ia belajar di bawah bimbingan salah satu murid Humayun ibn Ishaq, yang mahir dalam pengobatan India, Yunani, dan Persia.

Baca Juga: Kisah Tragis dan Rahasia Fatal Bintang Hollywood Rock Hudson, Kematiannya Karena Penyakit yang Sempat Jadi Epidemi di Amerika Hingga Sebabkan Ribuan Orang Meninggal