Find Us On Social Media :

Ditemukan di Indonesia, Usia Benda Ini Capai 12.000 Tahun dan Diklaim Tertua di Dunia dari Jenisnya, Praktik Penguburan Unik di Pulau Ini Ungkap Sesuatu

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 28 September 2021 | 13:33 WIB

Kail ikan tertua di dunia ditemukan di Indonesia

Intisari-Online.com - Memancing adalah bagian penting dari kehidupan, dan tampaknya juga kematian.

Setidaknya hal itu terjadi pada zaman Pleistosen di Pulau Alor Indonesia, barat laut Timor Leste.

Koleksi kail ikan yang ditempatkan di samping jenazah seorang wanita yang tinggal di sana sekitar 12.000 tahun yang lalu adalah kail ikan tertua yang ditemukan.

Sebelum penemuan ini, kail ikan tertua yang diketahui termasuk dalam kuburan diperkirakan berusia sekitar 9.000 tahun yang lalu, menurut Phys.org.

Baca Juga: Hukum Adat 'Nahe Biti,' Cara Cerdas Orang Timor Leste Menyelesaikan Konflik dan Membuka Komunikasi dengan Leluhur, Seperti Apa Prosesinya?

Artefak itu ditemukan dari pemakaman Ershi di Siberia.

Kail ikan yang termasuk dalam kuburan di Pulau Alor adalah lima artefak setengah lingkaran yang terbuat dari cangkang siput.

Artikel jurnal tentang penemuan ini menggambarkan kail ikan di mana ujungnya melengkung ke dalam, hanya menyisakan celah sempit antara ujung-ujungnya.

Para arkeolog dari Australian National University pada 2017 mengatakan bahwa penemuan kail ikan di samping tubuh perempuan (jika benar perempuan) berarti perlu untuk mempertimbangkan kembali keyakinan bahwa laki-laki adalah satu-satunya penangkap ikan di pulau-pulau itu sejak dulu.

Baca Juga: Figur Leluhur Timor Leste Masih Bertahan Meski Digerus Kolonial dan Zaman, Kepercayaan Tradisionalnya Tak Kalah Unik!