Find Us On Social Media :

Hanya Sisakan 'Kerak' Usai Nyaris Dikuras Habis Australia Selama Lebih dari Setengah Abad, Sisa-sisa Ladang Minyak Ini Baru Bisa Dikeruk Timor Leste Usai Aksi Culas Negeri Kanguru Terbongkar

By Khaerunisa, Minggu, 26 September 2021 | 08:05 WIB

(Ilustrasi) Kilang minyak Bayu-Undan milik Timor Leste

Intisari-Online.com - Carnarvon Petroleum, perusahaan minyak dan gas Australia, telah menyatakan bahwa mereka berharap untuk menyedot sumur Buffalo-10 di Laut Timor pada awal November 2021.

Ladang minyak itu sendiri masih berproduksi ketika ditutup pada tahun 2004.

Ditemukan pada tahun 1996 oleh BHP, ladang minyak Buffalo menghasilkan 20,5 juta barel minyak ringan antara tahun 1999 dan 2004.

Carnarvon mengklaim bahwa ada kemungkinan besar Buffalo-10 akan mengkonfirmasi proyek ekonomi.

Baca Juga: Salah Satu Negara yang Berbatasan Langsung dengan Daratan Indonesia, Inilah Perbatasan Indonesia-Timor Leste

Oleh karena itu, rencana pengeboran perusahaan memungkinkan sumur tersebut dipertahankan sebagai sumur produksi pertama dalam program redevelopment.

Bersama dengan mitranya, Advance Energy, Carnarvon sedang mengerjakan rencana untuk mempersingkat batas waktu untuk produksi pertama jika sumur tersebut mengkonfirmasi sumber daya minyak yang dapat dipulihkan seperti yang diharapkan.

Proyek Buffalo sendiri melibatkan pembangunan kembali ladang minyak Buffalo di Laut Timor yang berada di kedalaman 100 kaki dengan kedalaman reservoir antara 10.000 dan 12.000 kaki di bawah dasar laut.

Proyek Buffalo awalnya berada di perairan Australia. Tetapi pada tahun 2018, Australia dan Timor Leste menandatangani perjanjian batas laut yang mengubah batas laut antara kedua negara, mempengaruhi izin yang berisi proyek Buffalo.