Find Us On Social Media :

Kini Malah Jadi Ancaman Bagi Indonesia, Ternyata Australia Pernah Ketakutan Setengah Mati dengan Indonesia sampai Beli Pesawat Tempur yang Bisa Mengebom Jakarta Ini

By Khaerunisa, Selasa, 21 September 2021 | 07:00 WIB

(ilustrasi) Indonesia - Australia

Intisari-Online.com - Dunia tengah dibuat panik, terutama negara-negara di sekitar Australia.

Baru-baru ini, tiga negara yaitu Amerika Serikat (US), Australia, dan Inggris (UK) atau AUKUS terlibat kesepakatan terkait proyek kapal selam nuklir.

Negara-negara tersebut akan membangun kerja sama keamanan di Indo-Pasifik untuk mengimbangi pengaruh China yang terus meningkat di kawasan itu.

Di bawah kerja sama itulah disepakati akan diberikan teknologi dan kemampuan kapal selam bertenaga nuklir untuk Australia.

Baca Juga: Pantesan China dan Rusia Ketakutan dengan Aliansi Aukus, Terkuak Amerika, Inggris, dan Australia Manfaatkan Situasi di Wilayah Konflik Ini Untuk Membuat China Ketar-ketir

Kemitraan itu diumumkan secara virtual oleh Presiden AS Joe Biden, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Rabu (15/9/2021).

Ketiga pemimpin negara itu menekankan, Australia tidak akan memasang senjata nuklir, tetapi menggunakan sistem propulsi nuklir pada kapal selam untuk menghadapi ancaman pada masa datang.

Dengan begitu, Australia akan menjadi negara kedua setelah Inggris pada 1958 yang diberi akses ke teknologi nuklir AS untuk membangun kapal selam bertenaga nuklir.

Rencana itu pun telah ditanggapi oleh negara tetangga Australia, termasuk Indonesia dan Malaysia.