Find Us On Social Media :

Ditembak dari Jarak Dekat, Pembunuhan Jurnalis Pengkritik Vladimir Putin Ini Masih Jadi Misteri, Selama Sisa Hidupnya Dipenuhi Ancaman dan Percobaan Pembunuhan

By Tatik Ariyani, Kamis, 16 September 2021 | 15:36 WIB

Anna Politkovskaya - Vladimir Putin

Intisari-Online.com - Pada malam 7 Oktober 2006, jurnalis Rusia Anna Politkovskaya ditembak dari jarak dekat di lobi gedung apartemennya.

Saat pria yang menembaknya ditangkap, dia tidak memiliki hubungan yang diketahui dengan Politkovskaya, yang mengarah pada kesimpulan bulat bahwa seseorang telah membayar untuk membunuhnya.

Selama 26 tahun dalam jurnalisme yang melaporkan pelanggaran hak asasi manusia di Rusia, Politkovskaya telah membuat musuh yang kuat dari kedua presiden Rusia Vladimir Putin dan Ramzan Kadyrov, kepala Republik Chechnya.

Melansir All That Interesting, Politkovskaya menjadi sasaran ancaman pembunuhan, diracuni, dan bahkan ditangkap dan dipukuli.

Baca Juga: Incar Senjata Canggih Rusia, 'Negara Diktator Terakhir' di Eropa Ini Terus Pepet Vladimir Putin, Menginginkan S-400 hingga Pesawat Tempur Meski Kekurangan Hal Penting Ini

Dan dari tahun 1999 hingga kematiannya, Politkovskaya bekerja sebagai koresponden perang untuk surat kabar investigasi independen Novaya Gazeta, melaporkan dari garis depan selama Perang Chechnya Kedua.

Dia menangani sendiri untuk mencatat korupsi tanah airnya, dan, di Chechnya, dia mencatat pelanggaran oleh pasukan Rusia dan milisi setia mereka Chechnya, yang dijalankan oleh Kadyrov.

Setelah runtuhnya Uni Soviet, banyak orang di Rusia dan luar negeri berharap bahwa era baru demokrasi dan kemakmuran akan terjadi.

Tetapi pembunuhan terhadap Politkovskaya menandai berakhirnya kebebasan pers di Rusia. Dan itu masih belum terpecahkan sampai hari ini.

Baca Juga: Benci Setengah Mati dengan Amerika, Vladimir Putin Tak Terima Jika Amerika Lebih Unggul dari Rusia, Langsung Suruh Bikin Pesawat 'Kiamat' dan Tahan Nuklir, Buat Apa?