Find Us On Social Media :

Hari Ini 131 Tahun Lalu Lahir Agatha Christie, Novelis Misteri Terlaris Dunia, Pernah Sekolah Perawat Ketika Perang Dunia Pertama

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 15 September 2021 | 16:00 WIB

Agatha Christie

Intisari-Online.com – Pada hari ini, 131 tahun yang lalu, tepatnya pada 15 September 1890, penulis misteri Agatha Christie lahir.

Dia kemudian menjadi novelis terlaris sepanjang masa, menurut Guinnes World Records, novelnya terjual hingga sekitar 2 miliar eksemplar.

Drama panggungnya, The Mousetrap, juga memegang rekor dunia untuk penayangan terlama.

Dibuka penayangan drama tersebut di West End of London pada November 1952, dan pada Agustus 2018 masih berjalan setelah lebih dari 27.000 pertunjukan.

Baca Juga: Misteri Hilangnya Penulis Serial Detektif Agatha Christie Selama 11 Hari

Dilahirkan dengan nama Agatha Mary Clarissa Miller di Torquay, resor tepi laut selatan Inggris, yang kemudian dikenal sebagai lokasi serial komedi John Cleese, Fawlty Towers.

Agatha dididik di rumah oleh ibunya, yang mendorong putrinya itu untuk menulis.

Sebagai seorang anak, dia menikmati bermain fantasi dan menciptakan karakter.

Tetapi, kemudian hari Agatha mengaku, “Saya sendiri, selalu diakui sebagai ‘yang lambat’ dalam keluarga. Itu benar, saya mengetahuinya dan menerimanya. Menulis dan mengeja selalu sulit bagi saya. Surat-surat saya tanpa orisinalitas. Saya adalah pengeja yang sangat buruk dan tetap demikian sampai sekarang.”

Baca Juga: Karya Agatha Christie Sesuai dengan Pribadinya yang Sulit Ditebak