Find Us On Social Media :

‘Ketika Hitler Tetangga Kami’, Seorang Penulis Yahudi Tuliskan Kenangannya tentang Diktator Terkenal Itu, Apa yang Dia Ceritakan?

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 19 Juni 2021 | 11:00 WIB

Edgar Feuchtwanger (kiri) menuliskan ketika dia bertetangga dengan Adolf Hitler.

Intisari-Online.com – ‘Ketika Hitler tetangga kami’, seorang penulis Yahudi menuliskan kenangannya tentang diktator terkenal itu.

Edgar Feuchtwanger masih bisa mengingat dengan jelas bagaimana diktator Jerman yang terkenal kejam itu dulunya adalah tetangga mereka dan bagaimana dia hampir menabraknya saat masih kecil.

Feuchtwanger adalah putra dari keluarga Yahudi Jerman terkenal yang akarnya dapat ditelusuri kembali ke Bavaria selama berabad-abad.

Jika Hitler tahu siapa dia, kata penulis Yahudi itu, momen itu akan meledak.

Baca Juga: Sangat Disesalkan! Ketika Orang Yahudi dari Tim Olimpiade AS 1936 Dikeluarkan dari Kompetisi Hanya Karena Hitler Hadir Saat Lomba

Ketika itu tahun 1933, Hitler baru saja menjadi kanselir Jerman saat itu.

Dia memiliki flat yang luas di lingkungan Prinzregen-tenplatz yang elegan di Munich dengan rumah keluarga Feuchtwanger adalah tetangga sebelahnya.

Dia berusia delapan tahun saat itu, Edgar Feuchtwanger menceritakan, ketika dia hampir menabrak tetangga yang terkenal saat itu.

Dia sedang berjalan-jalan dengan pengasuhnya ketika dia hampir bertabrakan dengan orang paling berkuasa di Jerman pada waktu itu persis saat diktator itu keluar dari pintu depan flatnya, dia sedang dalam perjalanan.

Baca Juga: Terobsesi Setengah Mati pada Kemurnian Ras Arya, Hitler Ternyata Punya Hubungan Mesra dengan Dunia Islam, Bahkan Sampai Bikin Buku Khusus Ini untuk Tentara Nazi