Find Us On Social Media :

Miris! Kini Asia Tenggara Disebut-Sebut Kawasan Paling Rentan di Dunia Terhadap Varian Delta, Sampai Ekonominya Terancam Runtuh Jika Terus-Terusan Lockdown

By Afif Khoirul M, Selasa, 14 September 2021 | 15:56 WIB

ilustrasi pandemi covid-19

Intisari-online.com - Kini Asia Tenggara mendapat julukan sebagai kawasan paling rentan terhadap varian Delta.

Menurut sebuah laporan, Singapura yang merupakan negara dengan tingkat vaksinasi tertinggi di dunia, sampai keteteran melawan wabah ini.

Laporan ini merujuk pada kondisi di mana tingkat vaksinasi yang rendah di Asia Tenggara menjadikan kawasan ini paling rentang terhadao varian Delta.

Bahkan disebut menderita paling buruk di dunia akibat wabah Covid-19.

Baca Juga: Jangan Euforia Kasus Covid-19 Melandai, PPKM Jawa-Bali Kembali Diperpanjang Hingga 20 September 2021, Beberapa Daerah Jadi Level 2, Bioskop dan Tempat Wisata Boleh Dibuka dengan Prokes Ketat

Namun, dengan sumber daya keuangan dan kekuatan kebijakan moneter yang semakin menipis, tatanan blokade tidak lagi menjadi solusi yang tepat.

"Ini adalah keseimbangan yang sulit antara kehidupan dan mata pencaharian," kata ekonom Krystal Tan dari Australia & New Zealand Banking Group (Australia).

Ia menekankan bahwa bahkan Singapura, negara dengan tingkat vaksinasi terkemuka di dunia lebih dari 81% dari populasi, juga berjuang karena wabah saat ini.

Menurut Bloomberg, penutupan pabrik di Asia Tenggara telah secara serius mempengaruhi rantai pasokan global, memaksa pembuat mobil seperti Toyota (Jepang) untuk memangkas produksi.

Baca Juga: Saat Seluruh Dunia Berebut Dapatkan Dosis Vaksin Covid-19, Korea Utara Malah Tolak Mentah-Mentah 3 Juta Dosis Vaksin dari China, Alasannya Sunggguh Bijak