Find Us On Social Media :

Dulu Pernah Jadi Sorotan Dunia Karena Kondisinya yang Mencekam Akibat Covid-19, Terkuak Ternyata Kondisi Terkini India Malah Sangat Mengagumkan

By Afif Khoirul M, Sabtu, 4 September 2021 | 16:38 WIB

Petugas kesehatan di India melakukan kremasi pada jenazah.

Intisari-online.com - Beberapa bulan lalu, India sempat menjadi sorotan dunia karena lonjakan kasus Covid-19 yang begitu tinggi.

Bahkan saking tingginya lonjakan kasus Covid-19 di India, negara tersebut sampai dijuluki mengalami tsunami Covid-19.

Namun, meski memikiki lonjakan kasus Covid-19 cukup parah, negara itu mencatatkan memiliki angka kematian yang rendah dari rata-rata dunia.

Selama periode September 2020 hingga akhir Januari 2021, dengan jumlah kasus baru Covid-19 di India yang anjlok, pemerintah mengumumkan telah melihat "titik akhir" pandemi.

Baca Juga: Sok-sokan Tolak Jutaan Dosis Vaksin Covid-19 Padahal Kondisi Korea Utara Benar-benar Terpuruk, Apa Alasan Korut Melakukannya?

Namun, sejak Januari, India secara bertahap menurunkan kewaspadaannya terhadap Covid-19.

Mereka telah meningkatkan ekspor vaksin ke luar negeri, melonggarkan pembatasan perjalanan, mengadakan pemilihan lokal, pertemuan keagamaan dan pernikahan, menurut Channel News Asia (CNA).

Pada saat itu, pemerintah India tidak tahu bahwa itu akan berubah menjadi sangat buruk.

Pada bulan April, negara itu mencatat rekor jumlah infeksi baru yang tinggi, dengan sekitar 300.000 kasus per hari.

Baca Juga: Gunakan Penelitian yang Dilakukan Indonesia, Media China Ini Sesumbar Banggakan Keampuhan Vaksin Sinovac 95 Persen Ampuh Mencegah Kematian dari Covid-19, Ini Penjelasannya!