Penulis
Intisari-Online.com – Cobalah pergi ke monumen Stalin di Grand Boulevard, Budapest.
Patung Stalin itu dihancurkan pada 23 Oktober 1956, dan sebuah monumen Revolusi 1956 sekarang berada di tempatnya.
Ketika itu di Amerika, protes Black Lives Matter tersebar luas setelah pembunuhan George Floyd di Minneapolis.
Patung-patung yang dianggap sebagai simbol rasisme atau kolonialisme dicerabut dari alasnya, dicoret dengan grafiti, atau diam-diam dihilangkan oleh pihak berwenang sebagai tanggapan.
Buku Fallen Idols: Twelve Statues That Made History, tulisan Alex von Tunzelmann, merupakan buku yang tepat menempatkan fenomena penghancuran patung dalam perspektif sejarah.
Von Tunzelmann memiliki kualifikasi yang baik untuk menangani masalah ini.
Baik sebagai sejarawan dan penulis skenario fiksi sejarah, satu sisi karyanya melibatkan 'mitos penghilang' dan yang lain membuatnya, saat dia berkomentar dalam pengantarnya.
Perang patung yang sedang berlangsung telah mengungkap bagaimana monumen berdiri genting di garis patahan dari dua cara memahami masa lalu ini.
Akan sulit untuk menulis tentang subjek saat ini tanpa mengambil sikap politik, terutama bagi seorang sejarawan, karena sifat disiplin itu sendiri dipertaruhkan ketika para pembela patung mengklaim bahwa seruan untuk membongkar patung sama saja dengan 'menghapus sejarah'.
Von Tunzelmann memperjelas di mana dia berdiri, menghancurkan argumen itu dengan menunjukkan bahwa Jerman tidak melupakan era Nazi hanya karena negara itu tidak lagi memiliki patung Hitler.
Secara tegas, buku ini bukan perintah untuk menghancurkan semua patung, tetapi dorongan untuk berpikir lebih kritis tentang masalah kompleks dan saling bertentangan yang dipertaruhkan dalam menyiapkan dan menghilangkan memori budaya.
Subjeknya berkisar dalam waktu dari abad ke-18 hingga ke-20 – meskipun sebagian besar episode penghapusan patung terjadi pada tanggal 20 dan 21 – dan menjangkau negara-negara di seluruh dunia.
Ini termasuk orang-orang yang patung-patungnya menjulang tinggi dalam perdebatan baru-baru ini: Edward Colston, Cecil Rhodes, Robert E. Lee, George Washington, Leopold II dan Saddam Hussein.
Von Tunzelmann melakukan pekerjaan yang baik untuk membuat sketsa konteks sejarah dari monumen yang dibahas.
Teks itu dipenuhi dengan pengamatan yang cerdik dan sering kali jenaka: bahwa patung-patung Ratu Victoria hampir tidak dapat dihancurkan karena tinggi badan dan roknya yang pendek memberinya bentuk seperti piramida yang tidak akan mudah roboh, misalnya.
Von Tunzelmann secara persuasif menunjukkan bahwa banyak patung yang jatuh, terutama patung Duke of Cumberland, Rhodes, Colston dan Leopold, kontroversial bahkan ketika mereka didirikan, korektif yang kuat untuk argumen bahwa kita tidak boleh menilai tokoh sejarah dengan standar modern.
Pendekatan kasus per kasus berarti bahwa ada sedikit perbandingan eksplisit tentang bagaimana patung dialami secara berbeda dalam berbagai konteks sejarah yang diteliti.
Misalnya, patung-patung penguasa yang hidup di kediktatoran yang menindas dibahas di mana- mana, bukan Nazi Jerman, tetapi Rusia Stalin, Hongaria Soviet, Irak Saddam Hussein dan, mungkin kurang familiar bagi sebagian besar pembaca termasuk yang satu ini.
Aturan teror yang mengerikan dari Rafael Trujillo di Republik Dominika, pasti akan membuat monumen-monumen ini terasa agak berbeda dari monumen-monumen penguasa kekaisaran yang jauh dan raja-raja dan dermawan yang telah meninggal yang dibahas dalam bab-bab lain.
Von Tunzelmann juga menyinggung secara singkat bagaimana patung-patung potret di India mungkin telah dipengaruhi oleh tradisi patung religius yang kaya di negara itu.
Juga bagaimana tradisi patung berusia ribuan tahun di Mesopotamia membuat patung lebih dapat diterima di Irak daripada di negara-negara Islam lainnya.
Buku ini, tentu saja mendorong refleksi tentang isu-isu ini.
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari