Find Us On Social Media :

Seret Nama Indonesia, Dokumen Penyadapan Australia Terhadap Timor Leste Siap Dibongkar, Kebusukan Negeri Kangguru yang 'Dipuja' Rakyat Bumi Lorosae Kian Terungkap

By Mentari DP, Selasa, 24 Agustus 2021 | 08:30 WIB

Bendera Timor Leste.

Intisari-Online.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa Timor Leste lebih dekat dengan Australia dibanding Indonesia.

Itu karena rakyat Timor Leste mendapat banyak bantuan dari Australia selama krisis. Termasuk ketika mereka berperang dengan Indonesia.

Namun siapa sangka ada rahasia dibalik itu semua. Apa itu?

Baca Juga: Sok-sokan Merdeka dari Indonesia, Mendadak Terjadi Krisis Besar-besaran yang Berakhir Kudeta, Bikin Rakyat Timor Leste Jadi Korban Gara-gara Ulah Militernya Sendiri

Dilansir dari theguardian.com pada Selasa (24/8/2021), senator independen Rex Patrick telah meluncurkan proses di pengadilan banding administratif untuk membatalkan keputusan pemerintah.

Dia meminta untuk tidak merilis dokumen kabinet arsip yang menetapkan strategi Australia untuk barter dengan sekutunya yang miskin di perbatasan laut Laut Timor.

Negosiasi tersebut sangat penting bagi Timor Leste dan Australia. Itu karena mereka mendikte akses ke ladang gas Greater Sunrise.

Patrick sedang mengupayakan pembebasan pengajuan kabinet yang menguraikan strategi negosiasi Australia, tertanggal 29 Agustus 2000, dan risalah terkait, tertanggal 4 September 2000.

Baca Juga: 11 Tahun Mengemis Tanpa Pasti, Timor Leste Kini Malah Harus Rela Jadi Musuh Dunia Jika Ingin Tetap Jadi Anggota ASEAN, Negaranya Bermasalah Ini Biang Keroknya