Find Us On Social Media :

Taliban Menguasai Afghanistan, Bagaimana Posisi Pemerintahan Indonesia Terhadap Pemerintahan Baru Tersebut?

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 21 Agustus 2021 | 09:15 WIB

Taliban berhasil menguasai pesawat A-29 Super Tucano

Intisari-Online.com – Setelah Taliban menguasai ibu kota Afghanistan dan Istana Kepresidenan, Indonesia belum menentukan sikap apakah akan mengakui atau menolak pemerintahan baru yang akan dibentuk.

Teuku Faizasyah, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, mengungkapkan rencana penyelamatan para WNI di Afghanistan pada 18 Agustus lalu.

Namun, pada 20 Agustus, melansir kompas.com, Menlu Reno Marsudi menyatakan bahwa tim evakuasi telah membawa 26 WNI, termasuk staf KBRI.

Teuku Faizasyah mengatakan "proses ini masih sangat cair (fluid)" sehingga Indonesia perlu terlebih dulu melihat perkembangan ke depan.

Baca Juga: ‘Manusia Berhamburan di Jalan, Pengemudi Mobil Tak Ikuti Lagi Aturan’ Makin Tak Menentu Setelah Taliban Berkuasa, WNI Dievakuasi dari Afghanistan, Segera Tiba di Indonesia

Ketika BBC News Indonesia menanyakan padanya apakah pemerintah sudah berencana mengontak pemerintahan baru Taliban atau bakal memilih langkah lain, dia tidak menjawab.

Nostalgiawan Wahyudhi, peneliti Timur Tengah dari LIPI, menilai bahwa ‘menunggu’ adalah pilihan yang tepat.

Menurut dia, Indonesia perlu berhati-hati dan tidak gegabah menentukan sikap untuk mengakui atau menolak pemerintahan baru bentukan Taliban.

"Memang kita harus wait and see ya, perpindahan kekuasaan di sebuah negara kan kita tidak tahu seperti apa," terang Nostalgiawan.

Baca Juga: Zakia Khudadadi: Di ​​Tengah Gejolak Afghanistan dan Taliban, Impian Atlet Wanita Pertama Asal Afghanistan Ini Pupus? Memenuhi Syarat Paralimpiade Tokyo tapi Terjebak di Kabul