Find Us On Social Media :

‘Manusia Berhamburan di Jalan, Pengemudi Mobil Tak Ikuti Lagi Aturan’ Makin Tak Menentu Setelah Taliban Berkuasa, WNI Dievakuasi dari Afghanistan, Segera Tiba di Indonesia

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 21 Agustus 2021 | 08:45 WIB

Militan Taliban yang dibebaskan oleh pemerintah Afghanistan

Intisari-Online.com – Situasi tak menentu di Afghanistan setelah Taliban berkuasa membuat Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri RI, memastikan bahwa Warga Negara Indonesia (WNI) telah dievakuasi dari Kabul, Afghanistan.

Dalam penerbagan dari Afghanistan melalui Pakistan, mereka akan segera tiba di Indonesia.

"Alhamdullilah, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan dengan pesawat TNI AU. Pesawat saat ini sudah berada di Islamabad untuk melanjutkan penerbangan ke Indonesia." ungkap Menlu Retno Marsudi dalam akunnya di Twitter Jumat siang (20/8/2021).

Menurut Menlu, tim evakuasi membawa 26 WNI, termasuk staf KBRI, 5 WN Filipina, dan 2 WN Afghanistan (suami dari WNI dan staf lokal KBRI).

Baca Juga: Zakia Khudadadi: Di ​​Tengah Gejolak Afghanistan dan Taliban, Impian Atlet Wanita Pertama Asal Afghanistan Ini Pupus? Memenuhi Syarat Paralimpiade Tokyo tapi Terjebak di Kabul

Seorang WNI yang berada di Kabul menceritakan apa yang ia saksikan saat Taliban menguasai ibu kota Afghanistan.

Kondisi yang ia sebut sebagai ‘terjadi kepanikan dan ketakutan’.

Kementerian Luar Negeri RI, terkait pemerintahan Afghanistan setelah dikuasai Taliban, menyatakan bahwa ‘prosesnya masih sangat cair’ dan masih akan menunggu perkembangan selanjutnya.

Nostalgiawan Wahyudhi, peneliti politik Timur Tengah dari LIPI, menilai langkah itu sudah tepat dengan tak gegabah mengakui maupun sebaliknya, menolak pemerintahan baru bentukan Taliban.

Baca Juga: Pantas Sampai Berani Pasang Badan Bela Taliban, Terbongkar Sudah Hal yang Mati-matian Diincar China dari Afghanistan, Jaminan Digdaya di Masa Depan