Find Us On Social Media :

Digadang-gadang Sosok Pendiri Taliban Ini yang Bakal Jadi Presiden Baru Afghanistan, Reputasinya sebagai Pemimpin Militer Tak Main-main

By Khaerunisa, Selasa, 17 Agustus 2021 | 09:50 WIB

Mullah Baradar, sosok yang digadang-gadang bakal jadi presiden baru Afghanistan.

 

Intisari-Online.comTaliban menyatakan perang telah usai melalui juru bicaranya, Mohammad Naeem, yang disampaikan setelah Taliban memasuki Kabul pada Minggu.

Situasi keamanan di Afghanistan begitu cepat berubah, dilakukan evakuasi warga, juga staf kedutaan oleh negara masing-masing.

Sementara itu, Afghanistan ditinggalkan Presidennya, Ashraf Ghani, membuat masyarakat sekali lagi mengalami ketidakpastian tentang nasib mereka.

Kini Taliban di atas angin, dan dalam situasi tersebut, sosok ini digadang-gadang bakal menjadi Presiden baru Afghanistan.

Baca Juga: Terjebak di Pusaran Neraka, Warga Afghanistan Pertaruhkan Nyawa Berebut Mengejar Pesawat AS yang Sudah Landas Agar Tak Jadi Korban Pembantaian Taliban

Dia adalah Mullah Abdul Ghani Baradar atau Mullah Baradar, salah satu dari empat orang yang mendirikan gerakan Taliban di Afghanistan pada 1994.

Ia adalah salah satu komandan terpercaya pendiri Taliban.

Jika Haibatullah Akhundzada adalah pemimpin keseluruhan, Baradar lebih dikenal sebagai kepala politik dan wajah paling populer dari Taliban.

Selain itu, reputasinya sebagai pemimpin militer juga tak main-main.