Find Us On Social Media :

4 Teori Aneh Stephen Hawking Kini Terbukti Benar, Bagaimana dengan Kedahsyatan 'Partikel Tuhan' yang Menurutnya Mampu Picu Kiamat dengan Memusnahkan Alam Semesta?

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 13 Agustus 2021 | 09:00 WIB

Stephen Hawking

Intisari-Online.com - Meski mengidap penyakit yang membuat kondisi tubuhnya terus melemah, Stephen Hawking terus berkarya hingga akhir hayatnya.

Dimulai dengan tesis doktoralnya pada tahun 1966, karya terobosannya berlanjut tanpa henti hingga makalah terakhirnya pada tahun 2018 diselesaikan hanya beberapa hari sebelum kematiannya pada usia 76 tahun.

Setelah meninggal pun namanya terus diperbincangkan karena satu per satu teori yang dulu pernah ia kemukakan terbukti benar di kemudian hari.

Setidaknya ada empat teori Stephen Hawking yang kini telah terbukti benar.

Berikut adalah empat teorinya yang sudah terbukti benar, sebagaimana dikutip dari Live Science.

Baca Juga: Baru Berumur 3 Tahun, Gadis Ini Punya IQ Lebih Tinggi dari Einstein dan Hawking

1. Teori Big Bang

Hawking memulai dengan awal yang baik dengan tesis doktoralnya, yang ditulis pada saat kritis ketika ada perdebatan sengit antara dua teori kosmologis yang saling bersaing, yakni Teori Big Bang dan Teori Steady State.

Kedua teori menerima bahwa alam semesta mengembang, tetapi yang pertama mengasumsikan alam semesta mengembang dari keadaan ultra-kompak dan super-padat pada waktu yang terbatas di masa lalu.

Sedangkan yang kedua mengasumsikan alam semesta telah mengembang selamanya, dengan materi baru yang terus-menerus diciptakan untuk mempertahankan kepadatan yang konstan.

Dalam tesisnya, Hawking menunjukkan bahwa penjelasan teori Steady State secara matematis bertentangan dengan teori itu sendiri.

Baca Juga: Cepat atau Lambat 'Kiamat' Akan Tiba, Pertikaian di Bumi Harus Segera Usai