Find Us On Social Media :

Tetap Berprestasi Meski Pandemi Mengimpit, Begini Pengalaman Atlet di Olimpiade Tokyo 2020

By Fathia Yasmine, Kamis, 12 Agustus 2021 | 13:46 WIB

Dialog Produktif Rabu Utama di Media Center KPCPEN, Rabu (11/08/2021).

Intisari-online.com – Indonesia berhasil meraih lima medali dalam Olimpiade Tokyo 2020. Keberhasilan tersebut diapresiasi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali melalui dialog Produktif Rabu Utama di Media Center KPCPEN, Rabu (11/08/2021).

Menurutnya, perhelatan internasional ini dapat menyuntikkan harapan dan optimisme bagi masyarakat untuk tidak berhenti berkarya sambil tetap disiplin memelihara protokol kesehatan.

"Pemerintah sangat mengapresiasi, bahwa di tengah tekanan dan kebiasaan baru tersebut, para atlet kita berhasil menorehkan prestasi," kata Zainudin melalui pernyataan resmi, Kamis (12/8/2021).

Kendati demikian, pelaksanaan olimpiade di tengah kondisi pandemi diakui pelatih Angkat Besi Tim Indonesia Dirja Wihardja menimbulkan tantangan tersendiri. Pasalnya, sepanjang 2020, tidak ada kompetisi yang bisa diikuti para atlet untuk mengukur kemampuan diri.

Baca Juga: Menolak Kalah dari Covid-19, Warga di Surabaya Sulap Sampah Jadi 'Delta Robot' Pengantar Kebutuhan Isolasi Mandiri Tetangga Sekitar, Beritanya Sampai Disorot Berbagai Media Asing

Alhasil, proses kompetisi dilaksanakan melalui simulasi pertandingan yang dilakukan setiap dua minggu sekali. Para atlet juga diwajibkan untuk rutin berlatih dan menjaga pola hidup sehat agar stamina dan performa mereka tetap terjaga.

“Sebagai persiapan Olimpiade Tokyo, tim juga mengikuti try out dua kali tahun ini ke Uzbekistan sehingga setidaknya atlet mengetahui situasi pertandingan saat pandemi," jelas Dirja.

Tantangan senada juga diungkapkan oleh atlet sekaligus peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 Windy Cantika Aisah. Menurutnya, Olimpiade Tokyo terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Adanya protokol kesehatan ketat, tes PCR berulang, tekanan mental agar tidak tertular virus Covid-19, hingga suasana sekeliling arena yang gelap karena pertandingan berlangsung tanpa penonton memberi tantangan tersendiri bagi para atlet.

Baca Juga: Pernah Dikira Tugu Linggarjati Hingga Presiden Soekarno Perintahkan untuk Hancurkan, Inilah Sejarah Tugu Proklamasi yang Digagas oleh Lima Tokoh Wanita Indonesia

"Selain tekanan fisik, tekanan mental karena harus menjaga diri agar tidak terpapar Covid-19," ujarnya. 

Namun, ia bersyukur seluruh kegiatan olimpiade mampu diselesaikan dengan baik dan mencatat berbagai prestasi.