Find Us On Social Media :

Susu Kental Manis Ternyata Bukan Susu, Kandungan Aslinya Bikin Gendut

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 7 Agustus 2021 | 13:38 WIB

Susu Kental Manis Ternyata Bukan Susu, Kandungan Aslinya Bikin Gendut

Intisari-Online.com - Tahukah Anda bahwa susu kental manis ternyata bukan susu?

Bertahun-tahun masyarakat menganggap jika 'susu kental manis' adalah susu.

Meski begitu, 3 tahun lalu sebenarnya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah secara resmi menyatakan jika susu kental manis tidak mengandung susu.

Tanpa padatan susu sama sekali, susu kental manis telah berhasil "menipu" masyarakat yang justru sering menyajikannya untuk anak, sebagai alternatif dari susu bubuk yang memiliki harga lebih mahal.

Melalui Surat Edaran tentang Label dan Iklan pada Produk susu Kental dan Analognya (Kategori Pangan 01.3) pada Mei 2018, BPOM memberikan aturan ketat terkait peredaran susu kental manis, yaitu:

Baca Juga: Tak Perlu Borong Susu Bear Brand Sampai Saling Sikut Gara-gara Panic Buying Menjelang PPKM yang Baru Saja Viral, Tingkatkan Imun Cukup dengan 3 Sayur Murah Meriah Ini Saja

a. Dilarang menampilkan anak-anak berusia di bawah 5 tahun dalam bentuk apapun.

b. Dilarang menggunakan visualisasi bahwa produk Susu Kental dan Analognya (Kategori Pangan 01.3) disetarakan dengan produk susu lain sebagai penambah atau pelengkap zat gizi. Produk susu lain, antara lain susu sapi/ susu yang dipasteurisasi/ susu yang disterilisasi/ susu formula/ susu pertumbuhan.

c. Dilarang menggunakan visualisasi gambar susu cair dan/atau susu dalam gelas serta disajikan dengan cara diseduh untuk dikonsumsi sebagai minuman.

d. Khusus untuk iklan, dilarang ditayangkan pada jam tayang acara anak-anak.

Baca Juga: Obat Demam untuk Bayi dan Anak-anak Secara Alami, Mudah Didapatkan di Dapur, Salah Satunya dengan ‘Susu Emas’