Find Us On Social Media :

Bak Sengaja Cari Masalah dengan China, India Malah Ikut-ikutan Kirim Kapal Perang ke Laut China Selatan, Padahal Konflik di Perbatasan Belum Selesai

By Tatik Ariyani, Kamis, 5 Agustus 2021 | 14:23 WIB

Lembah Galwan

Intisari-Online.com - China dan India memiliki sejarah panjang yang menyangkut konflik perbatasan kedua negara.

Pada Juni 2020 lalu, terjadi pertempuran mematikan pertama antara China dan India sejak 1975 di Lembah Galwan.

Kedua tentara saling berhadapan dengan senjata, termasuk dengan tongkat yang menyebabkan kematian sedikitnya 20 tentara India dan empat tentara China.

Akar penyebab konflik terletak pada perbatasan yang tidak jelas, sepanjang 3.440 km yang diperebutkan kedua negara, yang dikenal sebagai Garis Kontrol Aktual (LAC).

Baca Juga: Mau Apalagi Negara Eropa yang Ini, 20 Tahun Tak Pernah Bersentuhan Sedikitpun dengan China, Malah Mendadak Kirimkan Kapal Perangnya ke Laut China Selatan, Tujuannya Sulit Diprediksi

Konflik kedua negara bahkan dikhawatirkan akan menjadi perang.

Tak heran karena China dan India sama-sama terus membangun kekuatan militer mereka di sepanjang perbatasan mereka yang disengketakan di Himalaya.

Konflik China dan India di perbatasan bukan menjadi hal baru lagi, namun bagaimana jika India ikut-ikutan memasuki ketegangan di Laut China Selatan?

Baca Juga: Di Tengah Kekhawatiran Ambisi China Menguasai Laut China Selatan, Jerman Tiba-tiba Kirim Kapal Perangnya ke Wilayah Itu, Ada Apa?