Find Us On Social Media :

Bikin Takjub Ilmuwan, 7.000 Tahun Terakhir Hyena Belang Kumpulkan Ratusan Ribu Tulang Termasuk Milik Manusia di Arab Saudi, Seperti Apa Kondisinya?

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 2 Agustus 2021 | 10:44 WIB

Ratusan Ribu Tulang Hewan dan Manusia Ditemukan dalam Gua di Arab Saudi

Intisari-Online.com - Para ilmuwan menemukan ratusan ribu tulang hewan dan manusia berusia ribuan tahun di sebuah gua di barat laut Arab Saudi.

Mereka meyakini bahwa tulang tersebut dikumpulkan oleh hyena belang selama 7.000 tahun terakhir.

Melansir Al Arabiya, Minggu (1/8/2021), temuan tersebut mereka dapatkan dari gua Umm Jirsan sepanjang 1,5 kilometer yang terbentuk dari aliran lava di ladang lava Harrat Kaybar.

Dalam hasil penelitian yang mereka publikasikan, para peneliti mengungkapkan ketakjuban mereka karena tulang tersebut terpelihara dengan baik.

Baca Juga: Mengikuti Mesir, Inilah Negara-negara Arab yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia

Temuan tersebut termasuk tulang sapi, caprid, kuda, unta, hewan pengerat, dan bahkan manusia.

Di Twitter, seorang peneliti Stewie Stewart mengungkapkan aliran lava membuat kondisi yang sangat baik untuk pengawetan tulang.

Hal itu berdasarkan bukti mengenai tulang-tulang yang masih dalam keadaan baik di gua tersebut.

“Di wilayah di mana pelestarian tulang sangat, sangat buruk, situs seperti Umm Jirsan menawarkan sumber daya baru yang menarik,” tulis Stewie Stewart.

Baca Juga: Seburuk Itulah Kondisi Indonesia di Mata Dunia? Negara Ini Sampai Larang Warganya ke Indonesia Bahkan Akan Dihukum Jika Masih Nekat