Find Us On Social Media :

Sudah Dijadwalkan Sejak Terima Vaksin Pertama, Bagaimana Seandainya Terlambat Terima Vaksin Kedua? Apa yang Akan Terjadi pada Tubuh? Ini Penjelasan Ahli!

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 31 Juli 2021 | 11:30 WIB

ilustrasui vaksinasi Covid-19

Intisari-Online.com – Ketika Anda menerima vaksin pertama, maka pada saat ini sudah ditentukan kapan Anda akan menerima vaksin yang kedua.

Bagaimana seandainya ada keterlambatan menerima vaksin kedua, mungkin saja Anda mengalami halangan pada hari H-nya sehingga harus mundur beberapa hari.

dr. Ati Pramudji Hastuti, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, mengatakan mungkin saja mengalami keterlambatan penerimaan vaksin dosis kedua.

Baca Juga: Tak Bisa Tutup Mata Lagi Soal Vaksin Sinovac yang Kalah Lawan Varian Baru, Benarkah Indonesia Siapkan Suntikan Booster Vaksin Covid-19? Rupanya Ini Data Imunitas yang Bikin Ahli Ketar-ketir

Namun, menurutnya, keterlambatan penerimaan vaksin dosis kedua tidak akan berpengaruh terhadap pembentukan antibodi.

Menurut mantan Direktur RSUD Kota Tangerang tersebut, keterlambatan vaksinasi kedua juga tidak akan membuat vaksinasi petama menjadi sia-sia.

Tetapi, dia meminta agar masyarakat tetap melakukan vaksinasi dosis kedua sesuai dengan jadwal.

Baca Juga: Sinovac Tak Ada Apa-apanya, Pantas Vaksin AstraZeneca Jadi Rebutan, Ternyata Ini Kelebihan Vaksin Buatan Ilmuwan Inggris Itu, Indonesia Beruntung Menggunakannya!