Find Us On Social Media :

45.000 Kasus Infeksi Jamur Hitam yang Mematikan Ditemukan di India, 6 Negara Ini Termasuk Indonesia Jadi Sebarannya

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 27 Juli 2021 | 08:44 WIB

India Dilanda 45.000 Kasus Jamur Hitam Mematikan 2 Bulan Terakhir

Intisari-Online.com - India mencatat lebih dari 45.000 kasus jamur hitam yang mematikan selama dua bulan terakhir, kata Kementerian Kesehatan pada Selasa (20/7/2021).

Menteri Kesehatan Junior India, Bharati Pravin Pawar, mengatakan kepada parlemen bahwa lebih dari 4.200 orang telah meninggal karena jamur dengan nama ilmiah mucormycosis tersebut.

Infeksi ini sebelumnya dianggap sangat jarang tetapi kasusnya membengkak selama pandemi virus corona, biasanya menyerang pasien setelah sembuh dari Covid-19.

Jamur hitam adalah penyakit yang sangat agresif.

Baca Juga: Jangan Sampai Menyesal, Ternyata Kita Tidak Boleh Sembarangan Pilah-pilih Kasur, Salah-salah Bisa Picu Penyakit Berbahaya Ini

Ahli bedah terpaksa menghilangkan mata, hidung dan rahang pasien untuk menghentikan penyebarannya ke otak.

Kantor berita AFP melaporkan, tingkat kematiannya di atas 50 persen.

Menurut data pemerintah, jumlah kasus jamur hitam tertinggi dilaporkan di negara bagian Maharashtra yaitu 9.348.

Anadolu Agency pada 4 Juni 2021 mewartakan, infeksi jamur hitam yang bernama latin mucormycosis ini juga ditemukan di Indonesia, Chile, Uruguay, Mesir, dan Irak, kemudian satu pasien meninggal di Meksiko.

Baca Juga: Indonesia Jangan Sampai Kebobolan Lagi, Hati-Hati Penyakit Misterius yang Menyebar di India Ini Kini Sudah Mulau Menyebar 5 Negara Ini Jadi Korbannya