Find Us On Social Media :

‘Bukan Pengganti Vaksin’ Meski Menurut Penelitian, Konsumsi Kopi dan Sayuran Bisa Turunkan Risiko Terhadap Covid-19

By K. Tatik Wardayati, Senin, 26 Juli 2021 | 08:10 WIB

Kopi dan sayuran bisa menurunkan risiko terpapar Covid-19

Intisari-Online.com –  Meski menurut penelitian mengonsumsi kopi dan sayuran bisa menurunkan risiko terhadap Covid-19, tetapi ini bukanlah pengganti vaksin.

Terungkap dari sebuah penelitian bahwa mengonsumsi kopi dan sayuran dapat memberikan perlindungan terhadap Covid-19.

Penelitian tersebut dilakukan oleh peneliti dari Northwestern University di Chicago, Amerika Serikat.

Dari penelitian tersebut juga dipelajari makanan lain seperti daging olahan, buah, teh, dan daging merah.

Baca Juga: Hidup Bebas Laiknya Covid-19 Telah Tiada, Faktanya Beginilah Kondisi Amerika Sebenarnya Statistik Ini Ungkap Kondisi Sebenarnya AS yang Jarang Diketahui Dunia

Nutrisi mempengaruhi kekebalan

Profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Northwestern Marilyn Cornelis meneliti bagaimana nutrisi dapat berperan dalam infeksi Covid-19.

“Kami tahu bahwa Covid-19 merupakan penyakit menular, mirip pneumonia atau jenis infeksi pernapasan lainnya. Kami tahu bahwa kekebalan memainkan peran penting dalam kemampuan untuk memerangi beberapa penyakit menular. Nutrisi memengaruhi kekebalan,” ujarnya dilansir dari webmd.com, Minggu (25/7/2021).

Dengan menggunakan data UK Biobank, penelitian tersebut memeriksa hubungan antara perilaku diet dari tahun 2006-2010 dan infeksi Covid-19 dari Maret-November 2020, pada orang yang sama.

Baca Juga: Detik-detik PPKM Dilonggarkan, Benarkan PPKM Efektif Redam Penyebaran Covid-19 sampai Pemerintah Ngotot Ingin Memperpanjangnya, Ini Datanya