Find Us On Social Media :

Tantang F-35 Amerika, Rusia Luncurkan Pesawat Tempur Checkmate, Mampu Terbang Dua Kali Lebih Cepat dari Kecepatan Suara

By Tatik Ariyani, Rabu, 21 Juli 2021 | 09:12 WIB

Jet tempur baru Rusia Checkmate

Intisari-Online.comRusia meluncurkan model kelima dari pesawat tempur Sukhoi pada hari Selasa setelah video peluncuran mengklaim itu dikembangkan "dalam waktu singkat".

Produsen senjata Rusia, Rostec, mengatakan jet tempur dapat terbang dua kali lebih cepat dari kecepatan suara dan mengungkapkan biayanya hingga $30 juta (sekitar Rp436,9 miliar).

Pesawat baru, yang dikenal sebagai 'Checkmate', dirancang pada bulan Mei untuk menantang jet tempur F-35 Amerika.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, memeriksa 'Checkmate' di Salon Penerbangan dan Antariksa Internasional MAKS-2021 di Zhukovsky.

Baca Juga: Sesumbar Jet Tempur Mereka Ungguli F-35 AS dan Su-57 Rusia, China Kena Karma Setelah Senang Mencuri Teknologi AS, Kualitas Jelek Jet Tempurnya Sampai Bikin Penjualan Lesu

Melansir Express.co.uk, Rabu (21/7/2021), Putin (68) mengatakan: “Penerbangan Rusia memiliki potensi besar untuk diksukhoiembangkan”.

Direktur Jenderal United Aircraft Corporation, Yury Slyusar, mengatakan Presiden Rusia 'senang' dengan apa yang dilihatnya.

Wakil Perdana Menteri negara itu, Yuri Borisov, menyatakan harapan untuk investasi asing ke dalam pesawat tempur generasi kelima Sukhoi.

Baca Juga: Sanggup 'Bantai' Jet Tempur F-35 Amerika, Rudal S-500 Prometheus Rusia Telah Rampungkan Serangkaian Tes, Ini Kemampuan Mengerikan yang Dimilikinya