Find Us On Social Media :

Makin Runyam Apa Makin Membaik? Ternyata Begini Situasi di Indonesia Setelah Sepekan Lakukan PPKM Darurat, Seorang Ahli Bocorkan Data Ini

By Afif Khoirul M, Senin, 12 Juli 2021 | 15:38 WIB

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat diberlakukan di luar wilayah Jawa dan Bali di sebanyak 15 kabupaten/kota.

Intisari-online.com - Untuk menghentikan penyebaran virus corona, pemerintah Indonesia melakukan Pemerlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

PPKM dilakukan sejak Sabtu (3/7/21), dan hingga kini sudah sepekan lebih, sejak PPKM pertama dilakukan secara resmi.

Namun, bagaimana hasilnya, apakah PPKM yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia mengdapatkan hasil seperti yang diharapkan.

Menurut Kompas.com, pada Minggu (11/7/21), evaluasi kasus Covid-19 di Indonesia, menurut para ahli belum menunjukkan keberhasilan.

Baca Juga: Inikah yang Membuat Indonesia Kebobolan, Gara-gara Hal Ini Lonjakan Kasus Covid-19 Membludak Seperti Sekarang Ini, Sampai Pemerintah Lakukan PPKM Darurat

Hal ini disampaikan oleh Epidemiolog Griffith University, Dicky Budiman, pada Kompasa, Sabtu (10/7).

Dicky menjelaskan untuk melihat keberhasilan dari suatu intervensi, terhadap pandemi melalui PPKM, bisa ditentukan dari dua parameter.

"Yaitu growth rate atau pertumbuhan kasus dan angka reproduksi Covid-19, dari data yang ada, kedua hal ini menunjukkan adanya peningkatan," kata Dicky.

Penerapan PPKM Darurat yang dimulai 3 Juli lalu, masih akan berlangsung hingga 20 Juli 2021.

Baca Juga: Indonesia Turun Kelas Jadi Negara Menengah ke Bawah, Media Dari Negara Pemberi Utang Terbanyak ke Indonesia Ini Malah Bocorkan Kondisi Ekonomi Indonesia