Find Us On Social Media :

Pantas Negara-negara Teluk Sampai Siapkan Dua Vaksin Terbaik Usai Warganya Disuntik Vaksin China, Ternyata Ada Bahaya Mengintai 6 Bulan Setelah Vaksinasi Dilakukan

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 10 Juli 2021 | 15:40 WIB

Ilustrasi vaksin Covid-19.

Intisari-Online.com – Ramai dibicarakan ketidakefektifan vaksin China, pantas saja negara-negara Teluk ini smapai siapkan dua vaksin terbaik usai warganya disuntuk vaksin China.

Dinyatakan bahwa ada bahaya mengintai 6 bulan setelah vaksinasi dilakukan, ada apa gerangan?

Indonesia dan Thailand rupanya sedang mempertimbangkan untuk memberikan suntikan booster kepada tenaga medis yang sudah diberikan vaksin Covid-19 Sinovac.

Sebuah langkah yang mungkin akan mengurangi kepercayaan publik terhadap produk China yang telah menjadi alat inokulasi utama mereka.

Baca Juga: Padahal Dulu Mengemis Vaksin Covid-19, Korea Utara Kini Malah Tolak Rencana Pengiriman Vaksin ke Negaranya, Ada Apa?

Beberapa negara Teluk, termasuk Turki dan Uni Emirat Arah bahkan sudah mulai memperikan suntikan booster kepada mereka yang diinokulasi dengan vaksin China.

Ini dilakukan di tengah kekhawatiran bahwa vaksin China tersebut tidak efektif terhadap varian virus corona baru yang lebih menular.

Namun, tantangan yang dihadapi negara-negara di Asia Tenggara jauh lebih besar.

Banyak negara di kawasan ini yang sangat bergantung pada vaksin China karena ketatnya pasokan produk Barat, dan memiliki tingkat vaksinasi yang rendah kurang dari 10%.

Baca Juga: Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Sedang Gencar-gencarnya Lakukan Vaksinasi Massal, Gudang Vaksin Covid-19 Malah Ludes Terbakar, 'Seluruh Stok Vaksin Habis Tak Tersisa'