Find Us On Social Media :

Sengketa Natuna Kembali Memanas, Rupanya Indonesia Telah Ancang-ancang Lama untuk Melawan China, Kesepakatan Senjata dengan Italia Ini Jadi Buktinya

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 30 Juni 2021 | 15:32 WIB

(Ilustrasi) TNI AL Indonesia

Intisari-Online.com - Minggu lalu, pembuat kapal Italia Fincantieri mengumumkan bahwa mereka bersepakat dengan Kementerian Pertahanan Indonesia untuk memasok delapan fregat.

Dalam sebuah pernyataan yang diposting di situs webnya pada 10 Juni, Fincantieri menyatakan bahwa Indonesia akan membeli enam frigat multiguna FREMM baru dan dua frigat kelas Maestrale bekas.

Dilansir dari The Diplomat, Rabu (16/6/2021), dua kapal terakhir akan tersedia setelah dipensiunkan oleh Angkatan Laut Italia.

Pembelian tersebut seiring dengan kekhawatiran negara yang meningkat untuk mempertahankan jangkauan lautnya yang luas.

Baca Juga: China Ketar-ketir, Tak Ada Angin Tak Ada Hujan Mendadak 50.000 Tentara India Dikirim Mendekati Wilayah India, Apa yang Mereka Rencanakan?

Angkatan Laut Indonesia secara tragis berkurang saat tenggelamnya kapal selam Indonesia KRI Nanggala pada 21 April, dengan hilangnya semua 53 awaknya.

KRI Nanggala merupakan kapal selam yang dibuat pada tahun 1977 di Jerman, diakuisisi oleh Indonesia pada tahun 1981, dan diperbaharui oleh Korea Selatan pada tahun 2012.

Kondisi Angkatan Laut Indonesia yang buruk, mau tidak mau mendorong usaha-usaha untuk menghadapi tantangan maritim yang semakin meningkat.

Baca Juga: Jadi Satu-Satunya Orang Luar China yang Bekerja di Laboratorium Wuhan, Wanita Asal Australia Ini Bocorkan Situasi Asli di Laboratorium Wuhan, Rupanya Seperti Ini