Find Us On Social Media :

Utang Indonesia Terus Menumpuk, BPK Sampai Khawatir Pemerintah Akan Kesulitan Membayarnya, Indonesia Ternyata Masuk 10 Negara dengan Utang Terbayak di Dunia Ini Urutannya

By Afif Khoirul M, Sabtu, 26 Juni 2021 | 15:29 WIB

Presiden Jokowi

Intisari-online.com - Sejak pandemi melanda Indonesia, utang Indonesia terus menumpuk hingga membuat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) khawatir.

Menurut laporan Kompas.com, BPK khawatir jika pemerintah Indonesia ke depan akan kesulitan membayar utang tersebut.

BPK telah mengaudit laporan keuangan pemerintah pusat di era pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) tahun lalu, termasuk penggunaan APBN 2020.

Lembaga auditor tersebut menyatakan kekhawatiran kesanggupan pemerintah dalam melunasi utang plus bunga yang terus membengkak sejak beberapa waktu terakhir.

Baca Juga: BPK Ketar-ketir Pemerintah Indonesia Akan Kesulitan Bayar Utang Karena Jumlahnya Terus Membengkak, Luhut Malah Sebut Rasion Utang Indonesia Masih Kecil daripada Negara Lain

Ketua BPK Agung Firman Sampurna berujar, utang Indonesia benar-benar membengkak pada era pandemi Covid-19 ini.

Pertumbuhan utang dan biaya bunga yang ditanggung pemerintah ini melampaui pertumbuhan PDB nasional.

Dikutip dari Kompas TV pada Rabu (23/6/2021), Agung mengatakan, "Meskipun rasio defisit dan utang terhadap PDB masih di bawah rasio yang ditetapkan dalam Perpres 72 dan UU Keuangan Negara, tapi trennya menunjukkan adanya peningkatan yang perlu diwaspadai pemerintah."

Lembaganya menyoroti kenaikan utang pemerintah Presiden Jokowi yang melebihi kebutuhan. Ia menjelaskan, realisasi pendapatan negara dan hibah di tahun 2020 sebesar Rp 1.647,78 triliun.

Baca Juga: Utang Indonesia Terus Membengkak Hingga Rp6.074 Triliun, Benarkah Pemerintah Indonesia Bakal Kesulitan Membayar Utang? BPK Ungkap Kekhawatiran Ini