Find Us On Social Media :

KKB Papua Makin Brutal Saja, Komplotan Lekagak Telengen Belum Berhasil Dijinakan, Mereka Malah Bikin Kelompok Baru, Langsung Unjuk Gigi Sandera dan Serang Warga Yahukimo

By Afif Khoirul M, Sabtu, 26 Juni 2021 | 15:05 WIB

Lekagak Telenggen, pentolan KKB Papua, tantang perang TNI-Polri

Intisari-online.com - Kelompok KKB Lekagak Telengen memang dikenal sering bikin ulah dan banyak aksi brutalnya membuat aparat wajib memburunya.

Meski kelompok Lekagak Telengen belum berhasil diringkus, kelompok ini ternyata pecah dan membentuk komplotan KKB Papua baru.

Mereka dikenal dengan nama KKB Papua pimpinan Tendius Gwijangge alias Tendinus Murib.

Kelompok ini baru saja menjadi sorota setelah menembak lima orang hingga tewas, dan melakukan penyanderaan di Distrik Seradala, Yahukimo, Kamis (24/6/21).

Baca Juga: KKB Papua Kembali Gegerkan Warga, Pimpinan KKB Didikan Lekagak Telenggen Ini Serang dan Sandera Warga di Yahukimo, Evakuasinya Mendebarkan

Menurut Direskrimum Polda Papua, Kombes Faisal Ramadhani, Tendius Gwijangge merupakan orang baru Yahukimo, karena sebelumnya kerap pindah lokasi.

"Kelompok ini adalah kelompok Nduga yang awalnya bergabung dengan Lekagak Telengen," ujar Kombes Faisal Ramadhani, di Jayapura, Jumat (25/6/21).

Saat itu, Tendius Gwijangge ikut bersama dengan Lekagak Telengen, di Distrik Yambi, Kabupaten Puncak.

Namun, setelah Satgas Nemangkawi melakukan penegakan hukum di lokasi tersebut, ia pecah dari kelompok Lekagak Telengen.

Baca Juga: Pantas Saja Papua Terus Bergejolak, Mulai dari OPM Hingga KKB Papua, Rupanya Semua Berawal dari Hasutan Belanda yang Tak Senang Papua Bergabung dengan Indonesia Ini