Find Us On Social Media :

Setelah Virus Covid-19 Varian Delta, Muncul Varian Delta Plus, ‘Varian yang Jadi Perhatian’ Karena Makin Mengkhawatirkan di India, Beberapa Negara Ini Diminta untuk Berjaga-jaga

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 24 Juni 2021 | 09:15 WIB

Varian Delta Plus, varian virus Covid-19 baru di India, terkait dengan varian Delta yang makin mengkhawatirkan.

 

Intisari-Online.com – Setelah Virus Covid-19 varian Delta, muncul  varian Delta Pulus jadi ‘varian yang perlu diperhatikan’ di India, beberapa negara ini diminta untuk berjaga-jaga.

Covid-19 varian Delta Plus di India atau B.1.617.2.1, terkait erat dengan varian Delta, penyebab utama gelombang kedua Covid-19 di India.

Kementerian Kesehatan India, pada Selasa (22/6/2021) mengeluarkan nasihat kepada Kepala Sekretaris Maharashtra, Madhya Pradesh, dan Kerala, meminta mereka untuk mengambil tindakan penahanan segera dan meningkatkan pengujian, pelacakan dan vaksinasi di distrik dan cluster di mana varian Delta Plus terdeteksi.

Kementerian Kesehatan Union mengkategorikan varian Delta Plus dari sebagai virus corona baru, yang sejauh ini terdeteksi di tiga negara bagian di negara itu.

Baca Juga: Kondisi Makin Mengkhawatirkan, ‘Teror’ Sirine Hingga Pasien Masih Positif Covid-19 Dipulangkan dari RS Wisma Atlet; ‘Pasien Tiap Hari Banyak Sekali yang Masuk’

Varian Delta Plus menjadi ‘varian yang jadi perhatian’ dan mengarahkan negara bagian untuk mengambl tindakan penahanan segera dalam kelompok di mana varian tersebut telah terdeteksi.

Keputusan itu muncul setelah INSACOV, sebuah konsorsium dari 28 laboratorium Kementerian Kesehatan yang terlibat dalam pengurutan genom, memberi tahu Center pada Selasa (22/6/2021).

Varian Delta Plus memiliki tiga karakteristik yang mengkhawatirkan, yaitu: peningkatan penularan, peningkatan yang lebih kuat pada reseptor sel paru-paru, dan potensi pengurangan respon antibodi monoklonal.

Varian Delta Plus atau B.1.617.2.1 erat kaitannya dengan varian Delta, penyebab utama gelombang kedua Covid-19 di India.

Baca Juga: ‘Meninggal Bukan Karena Penyakitnya, Tapi Gara-gara Tidak Bisa Dirawat di RS’ Menkes Minta Kita Tekan Laju Penularan Virus Covid-19 dengan Stay at Home