Find Us On Social Media :

Kontras dengan Indonesia yang Mayoritas Warganya Beragama Islam, Timor Leste Malah Menjadi Negara dengan Umat Islam yang Makin Terkikis, Sejarah Kelam Ini Penyebabnya

By Maymunah Nasution, Senin, 21 Juni 2021 | 18:53 WIB

Masjid Anur di Timor Leste, satu-satunya masjid di Timor Leste yang kini jadi tempat tinggal umat Muslim Timor Leste

Intisari-online.com - Indonesia adalah negara dengan penduduk beragama Islam terbanyak di dunia.

Tidak mengherankan, Indonesia memiliki jumlah penduduk sebelum Covid-19 menyerang sebanyak 267 juta jiwa.

Hanya China, India dan AS yang mengalahkan jumlah penduduk Indonesia dan sebagian besar penduduk ketiga negara itu tidak beragama Islam.

Namun siapa sangka, negara Timor Leste yang dulunya menjadi satu dengan Indonesia ini tidak didominasi oleh umat Islam.

Baca Juga: Dipuja Timor Leste, Dimusuhi Australia, Siapa Sosok Saksi K Ini Sampai Bikin Ramos Horta Memohon pada Timor Leste untuk Memberikan Kehormatan Tertinggi Kepadanya?

Bahkan di Bumi Lorosae, agama Islam makin terkikis.

Padahal disebutkan oleh Ambarak A Bazher dalam bukunya berjudul "Islam di Timor Timur", ternyata Islam sudah ada di Dili, ibukota Timor Leste, jauh sebelum kedatangan Portugis tahun 1512.

“Pasukan Portugis terusir dari Gowa, Sulawesi Selatan, mereka tiba di Dili dan disambut oleh pemimpin masyarakat setempat yang bernama Abdullah Afif,” tulisnya.

Nama pemimpin masyarakat Dili yang penuh nuansa keislaman itu tunjukkan kesan jika warga setempat sudah mengenal Islam dan ada orang Arab yang tinggal di Dili.

Baca Juga: Pilih Hidup di Bawah Indonesia Ketimbang Merdeka dengan Timor Leste, Beginilah Kehidupan Penduduk Timor Leste yang Pindah ke Indonesia, Alami Dilema Ini Hidup di Tanah Indonesia