Find Us On Social Media :

Dipuja Timor Leste, Dimusuhi Australia, Siapa Sosok Saksi K Ini Sampai Bikin Ramos Horta Memohon pada Timor Leste untuk Memberikan Kehormatan Tertinggi Kepadanya?

By Tatik Ariyani, Senin, 21 Juni 2021 | 17:00 WIB

Jose Ramos Horta

Intisari-Online.com - Jose Ramos Horta secara resmi akan meminta agar Timor Leste menganugerahkan kehormatan tertinggi negara kepada Saksi K.

Ramos Horta memuji Saksi K karena mengekspos “kecurangan, itikad buruk, dan ketidakjujuran pemerintah Australia” dalam operasi penyadapan yang dilakukan dengan tujuan semata-mata untuk “merampok negara termiskin di dunia".

Saksi K merupakan seorang mantan petugas Dinas Intelijen Rahasia Australia.

Dia dinyatakan bersalah pada hari Jumat dan dijatuhi hukuman penjara tiga bulan yang ditangguhkan.

Baca Juga: Kuasai Kilang Minyak dan Helium di Timor Leste, Australia Lakukan Berbagai Penipuan, Sementara Indonesia Tak Sadar Potensi 'Harta Karun' Ini

Saksi K berkonspirasi untuk mengungkapkan informasi rahasia tentang dugaan operasi Australia untuk menyadap ruang kabinet Timor Leste selama negosiasi perjanjian minyak dan gas yang sensitif.

Ramos-Horta adalah presiden Timor Leste selama negosiasi tahun 2004.

Dia mengatakan kepada Guardian bahwa Saksi K harus diberikan Medal of Honor of the Republic atas tindakannya.

Menurutnya itu merupakan kehormatan tertinggi yang tersedia bagi mantan perwira intelijen tersebut.

Baca Juga: Barlarke, Mahar Pernikahan dalam Tradisi Timor Leste, Besarnya Bisa Capai Ratusan Kali Lipat Upah Minimum Orang Timor Leste