Find Us On Social Media :

'Mereka Tahu Kami Tertarik dan Selalu Membuka Pintu', Kala Israel Terus Bujuk Indonesia untuk Jalin Diplomasi, Bahkan Berjanji Selalu Bersedia Lakukan Ini

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 19 Juni 2021 | 17:43 WIB

Ilustrasi Presiden Jokowi. Israel Terus Bujuk Indonesia untuk Jalin Diplomasi

Intisari-Online.com - Israel bersedia bekerja untuk membangun hubungan dengan negara-negara mayoritas Muslim di Asia Tenggara, kata duta besarnya untuk Singapura sebagaimana dilansir Middle East Monitor, Jumat (18/6/2021).

Pengumuman itu muncul meskipun negara-negara Asia Tenggara itu mengutuk serangan udara Israel di Jalur Gaza yang terkepung bulan lalu.

Selama 11 hari, Israel melancarkan serangan di Jalur Gaza yang diblokade.

Pejabat kesehatan di Gaza mengatakan 254 warga Palestina, termasuk 66 anak-anak dan 39 wanita, tewas dan lebih dari 1.900 terluka dalam pemboman itu.

Baca Juga: MUI Ingatkan Pemerintah Teguh dalam Pendirian dan Tidak 'Oleng' Buka Hubungan Diplomatik ke Israel, Selain Kejam, Ini yang Buat MUI Enggan Percaya Israel

Negara-negara mayoritas Muslim seperti Indonesia, Malaysia dan Brunei telah mendesak PBB untuk turun tangan dan menghentikan "kekejaman yang dilakukan terhadap rakyat Palestina."

Dalam sebuah pernyataan bulan lalu, Presiden Indonesia Joko Widodo, Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin dan Sultan Brunei menyebut serangan udara Israel di Gaza sebagai bagian dari kebijakan "tidak manusiawi, kolonial dan apartheid" terhadap rakyat Palestina.

"Kami mengutuk dalam istilah yang paling keras atas pelanggaran dan agresi terang-terangan berulang, yang dilakukan oleh Israel, yang menargetkan warga sipil di seluruh Wilayah Pendudukan Palestina."

"Khususnya di Yerusalem Timur dan Jalur Gaza, yang telah membunuh, melukai dan menyebabkan penderitaan bagi banyak orang, termasuk wanita dan anak-anak," tambah pernyataan itu.

Baca Juga: Fokus pada Perampasan Tanah Palestina, Israel Rupanya Hadapi 5 Masalah Pelik Ini dalam Negaranya, Bikin Rakyatnya Menderita