Find Us On Social Media :

Melonjak Tinggi Sejak Januari, Kasus Covid-19 di Indonesia Dikhawatirkan Para Ahli, Bukan Karena Varian Baru, Rupanya Ini Penyebabnya, 'Akan Jadi Sangat Buruk'

By Maymunah Nasution, Sabtu, 19 Juni 2021 | 11:20 WIB

Varian baru COVID-19 lebih menular dari sebelumnya, ini penjelasannya mengenai varian Delta.

Intisari-online.com - Petugas medis di Indonesia menyalahkan merebaknya varian Delta yang awalnya ada di India sebagai penyebab ledakan Covid-19 di Indonesia.

Dalam beberapa minggu ini, pertambahan jumlah kasus harian meningkat lebih dari tiga kali lipat.

Namun para epidemiolog mengatakan penyebab sebenarnya bukanlah varian Delta, dikutip dari Al Jazeera.

"Penyebaran varian virus ini sangatlah cepat," ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang mengakui hal itu selama seminar online hari Minggu, menambahkan varian masuk ke Indonesia melalui pelabuhan-pelabuhan Indonesia.

Baca Juga: Lonceng Bahaya Berdering Bagi yang Belum Divaksin Covid-19, Ahli Sebut Varian Delta Masuk Periode Paling Mematikan

"Karena banyak pelabuhan di Indonesia membawa banyak barang dan banyak yang datang dari India, mereka masuk dari sana," ujarnya.

Namun, pakar menyebutkan bukan varian Delta masalah utamanya.

Mereka mengatakan ledakan ini berasal dari mudik lebaran.

Pemerintah sudah melarang mudik lebaran 2021 ini tapi banyak warga mengabaikan larangan tersebut guna mengunjungi kampung halaman mereka.

Baca Juga: Padahal 62 Warga Kudus Sudah Dikonfirmasi Terpapar Corona Varian Delta, Mengapa Pemkab Kudus Belum Mengetahui Identitas Mereka?