Find Us On Social Media :

Hanya AstraZeneca dan Pfizer yang Sanggup Atasi Virus Covid-19 Varian Delta, Bisakah Kita Mengganti Jenis Vaksin Kedua Jika Sudah Terlanjur Diberi Vaksin Pertama?

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 18 Juni 2021 | 11:35 WIB

Vaksin AstraZeneca.

Intisari-Online.com – Hanya AstraZeneca dan Pfizer yang sanggup mengatasi virus Covid-19 varian Delta, bisakah kita mengganti jenis vaksin kedua jika sudah terlanjur diberi vaksin pertama?

Virus corona varian Delta rupanya tidak hanya merepotkan di tempat asalnya di India, banyak negara mulai direpotkan, termasuk Indonesia.

Di Indonesia varian Delta ini rupanya telah menyebar di Kudus, Jawa Tengah, serta mendominasi penularan virus corona di daerah tiu.

Tidak hanya di  Kudus, rupanya varian virus corona dari India ini juga ditemukan di sejumlah daerah lainnya.

Baca Juga: Tahu Amerika Musnahkan 60 Juta Dosis Vaksin Covid-19, Negara Afrika Ini Langsung Musnahkan 2 Juta Dosis Vaksin Dari Amerika Padahal 1,7 Juta Penduduknya Terinfeksi Covid-19

Temuan varian Delta ini berdasarkan hasil penelitian Whole Genome Sequencing (WGS)  yang dilakukan oleh tim dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

Gunadi, ketua tim peneliti WGS FK-KMK UGM mengatakan, bahwa ditemukannya 28 dari 34 sampel atau sekitar 82 persen, merupakan varian Delta.

Setelah meningkat tajam dalam waktu singkat, rupanya kasus Covid-19 di Kudus tersebut belakangan mendapat banyak sorotan.

Kabar baiknya, varian virus corona yang sangat menular tersebut bisa diatasi oleh vaksin yang ada saat ini, melansir kompas.com (18/6/2021).

Baca Juga: Saat Dunia Sedang Butuhkan Vaksin Covid-19, Amerika Malah Musnahkan 60 Juta Dosis Vaksin Covid-19, Terkuak AS Temukan Praktik Licik Ini Dalam Pembuatan Vaksin