Find Us On Social Media :

Atas Kesamaan Prinsip Kenegaraan, Vatikan Jadi Negara Eropa Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia Karena Peran Sosok Ini yang Berhasil Lakukan Diplomasi

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 15 Juni 2021 | 17:00 WIB

Vatikan, negara Eropa pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

Intisari-Online.com – Atas kesamaan prinsip kenegaraan, Vatikan menjadi negara Eropa pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia karena peran sosok ini yang berhasil melakukan diplomasi.

Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, maka Indonesia membutuhkan pengakuan oleh negara lain yang menjadi salah satu syarat berdirinya suatu negara.

Dimulai dari negara Mesir dan kemudian negara-negara Arab yang mengakui kemerdekaan Indonesia, maka Vatikan menjadi negara Eropa pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

Berdiri sejak tahun 1929, Vatikan merupakan negara kota berdaulat.

Baca Juga: Inilah Negara-negara yang Pertama Mengakui Kemerdekaan Indonesia adalah Tidak Hanya Mesir dan Liga Arab, Tetapi Juga Negara Tetangga Ini

Wilayah negara Vatikan adalah enclave (wilayah kantong) di kota Roma, Italia.

Vatikan menjadi salah satu negara yang mendukung perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Dilakukan melalui pengakuan kedaulatan Indonesia pada tahun 1947 inilah yang menjadikan bentuk dukungan Vatikan terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Vatikan menjadi negara Eropa pertama yang memberikan pengakuan terhadap kemerdekaan Indonesia, demikian termaktub dalam buku Sejarah Indonesia Modern: 1200 – 2004 (2005) karya M.C. Ricklefs.

Baca Juga: Inilah Negara yang Pertama Kali Mengakui Kemerdekaan Indonesia Bahkan Sebelum Deklarasi