Find Us On Social Media :

Meski Indonesa Tak Pernah Usik China di Laut China Selatan, Ternyata Negeri Panda Malah Berulang Kali Senggol Indonesia di Wilayah Natuna, Rekam Jejak Ini Jadi Buktinya

By Afif Khoirul M, Jumat, 11 Juni 2021 | 17:37 WIB

Komando Armada I (Koarmada I) mengerahkan sembilan kapal perang dan satu pesawat udara di Laut Natuna Selatan.

Intisari-online.com - Masalah Laut China Selatan, Indonesia memang tak pernah ikut campur, karena memang tak ada klaim di wilayah itu oleh Indonesia.

Namun, jika China menyentuhnya, Indonesia akan bersikap keras terutama menyangku wilayah maritimnya.

Bahkan media Vietnam 24h.com.vn, menyebut Indonesia memiliki sifat yang keras kepala, jika menyinggung soal sengketa wilayahnya.

Menurut pengamat itu adalah konsistensi yang dilakukan Indonesia dalam melindungi wilayahnya.

Baca Juga: Perairan Indonesia Sudah 'Langganan' Dapat 'Tamu Nyasar' Lantaran Kekayayaan Berikut Ini, Sekarang 2 Kapal Asing Vietnam Main Aksi 'Selonong Boi'

Termasuk perseteruan Indonesia dengan China menyangkut wilayah Natuna.

Berulang kali China selalu menyinggung wilayah Indonesia tersebut, dengan alasan wilayah itu tumpang tindih dengan sembilan garis putus-putus yang diklaim China.

Tak hanya itu saja, China juga sering melakukan penyelonongan ke wilayah laut Indonesia tersebut.

Padahal sedikitpun Indonesia tak pernah melanggar wilayah China, bahkan tak ikut mengusik kehadiran China di Laut China Selatan.

Baca Juga: Sok Sangar Kuasai Laut China Selatan, Ternyata China Pernah Diperingatkan Pejabat Singapura Untuk Hati-Hati Jika Berusan Dengan Indonesia, Apa Alasannya?