Find Us On Social Media :

4 Dekade Jadi Penentu Kebangkitan China Sebagai Raksasa Ekonomi Dunia, Siapa Sangka Aturan Ini Kini Malah Serat Negeri Tirai Bambu pada Kehancuran Ekonomi

By Ade S, Selasa, 8 Juni 2021 | 17:02 WIB

Ekonomi China diprediksi akan hancur lebur justru karena aturan ketat yang diberlakukannya sejak 4 dekade silam.

Intisari-Online.com - Selama ini banyak yang menilai ekonomi China akan babak belur usai menjalani perang dagang dengan Amerika Serikat.

Apalagi, selang satu tahun setelah gesekan dengan negara adidaya tersebut, China dihantam oleh pandemi Covid-19.

Hanya saja, faktanya ekonomi China malah berhasil selamat bahkan seolah menjadi 'pemenang' tunggal hanya beberapa bulan usai virus corona menerjang.

Namun, bukan berarti ekonomi China bakal aman-aman saja, sebab justru sebuah aturan ketat yang mereka buat lebih dari 4 dekade silam justru bakal menjadi bumerang.

Baca Juga: Tak Puas Paksa Negara Tetangga Indonesia 'Surga Kasino' Tempat Judi, China Juga Jadi Cukong yang Babat Hutan Negara Ini Demi Pendulang Cuan

Bahkan perubahan radikal yang diambil oleh Presiden Xi Jinping dalam upayanya 'membalikkan keadaan' yang dipicu oleh aturan tersebut diyakini tak akan berhasil.

Negara dengan label mentereng sebagai pemilik perekonomian terbesar kedua sejagat tersebut terancam stagnan.

Memang, jika melihat fakta terbaru, setidaknya pada kuartal pertama 2021, pertumbuhan ekonomi China disebut sangat mencengangkan.

Seperti dilansir dari ANTARA, Produk Domestik Bruto (PDB) China telah mencapao 24,93 triliun yuan.

Baca Juga: Jangankan Jadi Negara Adidaya, China Bakal Jadi Bulan-bulanan Dunia Jika Teori Virus Corona Bocor dari Laboratorium Terbukti Benar