Find Us On Social Media :

Pemberangkatan Jemaah Haji 2021 Dibatalkan Lagi, Ini Penjelasan Kementerian Agama

By Tatik Ariyani, Jumat, 4 Juni 2021 | 06:00 WIB

Masjidil Haram, Arab Saudi

Intisari-Online.com - Tahun ini, keberangkatan jemaah Indonesia untuk ibadah haji kembali dibatalkan seperti tahun lalu.

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan untuk membatalkan keberangkatan jemaah Indonesia untuk melaksanakan ibadah haji 1442 Hijriah/2021 Masehi.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi persnya yang disiarkan secara daring, Kamis (3/6/2021).

Yaqut mengatakan, "Menetapkan pembatalan keberangkatan jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 Hijriah atau 2021 Masehi bagi warga negara Indonesia yang menggunakan kuota haji Indonesia dan kuota haji lainnya."

Baca Juga: Trending Setelah Arab Saudi Rilis Foto Resolusi Tinggi, Hajar Aswad Ternyata Punya Bentuk yang Tak Sempurna Akibat Peristiwa Kelam Ini, Kabah pun Turut Jadi Korban

Yaqut mengatakan keputusan pembatalan pemberangkatan ibadah haji tahun ini didasarkan pada keselamatan jemaah Indonesia.

Menurut Yaqut, agama mengajarkan bahwa menjaga jiwa adalah kewajiban yang harus diutamakan.

“Ini semua menjadi dasar pertimbangan dalam menetapkan kebijakan. Apalagi, tahun ini juga ada penyebaran varian baru Covid-19 yang berkembang di sejumlah negara," ucap Yaqut dalam konferensi pers di Kantor Kemenag, Jakarta Pusat, Kamis (3/6/2021).

Baca Juga: Kisah Haji Johannes Cornelis Prince, Desertir Belanda Peraih Bintang Gerilya yang Pernah Dipenjara oleh Nazi, Soekarno, dan Juga Soeharto