Find Us On Social Media :

Bak Umumkan Berita Besar, China Akhirnya Beri Penjelasan Detail Asal-Usul Virus Corona, Setelah Dituduh Amerika Berikan Tuduhan Ini

By Afif Khoirul M, Rabu, 26 Mei 2021 | 09:40 WIB

Ilustrasi, penelitian Virus Corona di Laboratorium yang terdapat di Wuhan, China.

Intisari-online.com - Peneliti dari Wuhan Institute of Virology (WIV) dan Chinese Academy of Sciences umumkan temuan baru soal asal usul Covid-19

Sebelumnya asal usul Covid-19 memang menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga kini.

Banyak dugaan muncul mengenai asal-usul virus ini, termasuk tuduhan kebocoran virus dari Institut Virology Wuhan.

Namun, kali ini China mengungkap secara detail asal-usul virus ini untuk menghindari tuduhan yang selama ini dialamatkan kepadanya, mengenai kebocoran leboratorium.

Baca Juga: Demi Hadiri Pemakaman Kuda, Ratusan Warga India Desak-desakan Saat Negaranya Krisis Covid-19

Peneliti yang dipublikasikan dalam jurnal Biological BioRxiv menyebutkan, tanpa adanya jenis virus corona telah terdeteksi pada kelelawar.

Kelelawar memiliki kemampuan reseptor ACE2 pada manusia, tetapi virus dan variannya yang menyebar ke manusia ditemukan pada trenggiling.

Artinya virus ini kemungkinan hanya menjadikan kelelawar sebagai inang sisanya telah bermutasi pada trenggiling sebelum pindah ke manusia, setelah mengalami seleksi

"Hasil ini menunjukkan bahwa virus corona yang terdeteksi mungkin hanya puncak gunung es, virus ini mengalami peristiwa seleksi atau rekombinasi dalam inang, menyebabkan mereka beradaptasi dengan inang baru dan kemudian menyebar ke spesies baru," kata Global Times.

Baca Juga: Dijuluki 'Inkubator Penyakit', Pemerintah China Dituduh Sudah Tahu Risiko Pandemi Covid-19 dari Tempat Ini Sejak 5 Tahun Lalu, Benarkah Dunia Sudah Dibohongi Selama Ini?