Find Us On Social Media :

Tidak Seperti Lodewijk Mandatjan yang Legendaris, Inilah Pemimpin KKB Papua yang Justru Pecah Kelompok Itu dan Jadikan Kekuatannya Menciut Sampai Kocar-kacir

By Maymunah Nasution, Minggu, 16 Mei 2021 | 19:12 WIB

Dua tokoh KKB Papua yang justru buat kelompoknya pecah dan kocar-kacir, Seth Roemkorem dan Jacob Prai

Intisari-online.com - Sama halnya dengan di Palestina, di ujung timur Indonesia tepatnya di Papua tengah disorot dunia karena dikabarkan kekerasan serupa tengah terjadi.

Bedanya kekerasan tersebut diklaim dilakukan oleh militer Indonesia (TNI) terhadap warga Papua.

Sejatinya Papua ingin memerdekakan diri dari Indonesia, dan sudah banyak gerakan pemisahan diri Papua dari Indonesia.

Semua gerakan pemisahan Papua itu dipayungi oleh istilah umum Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Baca Juga: Walau Aksinya Selalu Brutal, Nyatanya TNI-Polri Tetap Sukses Tembak Mati Salah Satu Pemimpin KKB Papua dan Serang Komandan KKB, Lalu Sisa Berapa yang Masih Bersembunyi?

Seperti gerakan kemerdekaan Papua dari Indonesia yang sudah dilakukan sejak tahun 1963, OPM juga sudah berdiri selama itu.

Bagi pemerintah gerakan ini dianggap sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Nafsu untuk merdeka

Menyukil sejarah yang tertulis di Wikipedia, selama Perang Dunia Ke-2, Hindia Belanda dipimpin oleh Soekarno menyuplai minyak untuk upaya perang Jepang dan kemudian menyatakan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Baca Juga: Walau Dianggap Kelompok Paling Berbahaya di Bumi Papua, Teryata KKB Hanya Kuasai 3 Tempat Ini, Sampai Disebut-Sebut Tempat KKB Paling Keji di Papua