Find Us On Social Media :

Pancasila sebagai Sistem Filsafat untuk Menunjang Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 15 Mei 2021 | 13:44 WIB

Pancasila sebagai sistem filsafat

Intisari-Online.com - Sistem pancasila sebagai sistem filsafat berarti refleksi kritis dan rasional terhadap pancasila sebagai sistem dasar bangsa Indonesia.

Ini juga berarti refleksi terhadap kenyatan budaya bangsa untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif di bidang ipoleksosbudhankam sehingga kita semua mendapatkan pemahaman-pemahaman yang baik dan benar dalam rangka menunjang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sistem filsafat Pancasila mengandung maksud dan tujuan tertentu sebagaimana yang diharapkan oleh mereka yang mempercayai bahwa sistem filsafat yang dianutnya dapat mencapai kebenaran yang mutlak.

Pancasila sebagai Sistem Filsafat adalah kesatuan dari berbagai unsur yang memiliki fungsi tersendiri, tujuan yang sama, saling keterikatan dan ketergantungan.

Baca Juga: Anak Kartosuwiryo Kembali ke Pancasila: Mengingat Tangis Bung Karno saat Tanda Tangani SK Hukuman Mati Kartosuwiryo, Sahabatnya Sendiri

Pancasila memiliki 3 landasan pijak filosofis yaitu Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis.

1. Landasan Ontologis Pancasila

Bidang ontologi menyelidiki tentang makna yang ada (eksistensi dan keberadaan) manusia, benda, alam semesta (kosmologi),metafisika.

Secara ontologis, penyelidikan Pancasila sebagai filsafat dimaksudkansebagai upaya untuk mengetahui hakikat dasar dari sila-sila Pancasila.

Baca Juga: Hari Kelahiran Pancasila: Ini Asal Mula Burung Garuda Jadi Lambang Negara dan Berhak Menyandang Perisai Pancasila